Ini Penyebab Sektor Industri Kesulitan Energi

Senin, 10 Agustus 2015 - 12:30 WIB
Ini Penyebab Sektor Industri Kesulitan Energi
Ini Penyebab Sektor Industri Kesulitan Energi
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, sektor industri masih kesulitan untuk memperoleh energi. Energi untuk menunjang industri harus memiliki kualitas baik serta biaya murah.

"Kita sekarang masih sulit memperoleh pasokan energi. Pasokan energi yang baik itu harus yang biayanya murah, efisien dan ramah lingkungan," kata dia di Jakarta, Senin (10/8/2015).

Saleh bercerita, minimnya prasarana maupun infrastruktur energi yang memadai bagi industri, baik jumlah maupun persebarannya menjadi penghambat industri dalam negeri.

"Ini karena ketidaksesuaian antara persebaran sumber energi dengan lokasi industri dan belum ada ketersediaan power plant dan jaringan listrik di kawasan industri," kata dia.

Bahkan, kata Saleh, ada beberapa energi yang harganya masih sangat menguras kantong para pelaku usaha industri yang pada akhirnya malah membuat rugi pelaku usaha.

"Harga energi yang dinilai terlalu memberatkan industri misalnya seperti harga gas. Sedangkan pemanfaatan energi terbarukan masih relatif terbatas yang disebabkan tingginya biaya investasi, regulasi, insentif dari pemerintah serta harga jual yang tinggi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8928 seconds (0.1#10.140)