Bulog Siap Impor Sapi 50.000 Ekor

Senin, 10 Agustus 2015 - 15:24 WIB
Bulog Siap Impor Sapi 50.000 Ekor
Bulog Siap Impor Sapi 50.000 Ekor
A A A
JAKARTA - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) siap merealisasikan importasi sapi sebanyak 50.000 ekor pada bulan ini setelah Bulog mendapat persetujuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk membuka keran impor sapi.

"Tadi belum disebutkan oleh beliau (Mendag-Rachmat Gobel). Meskipun saya perkirakan (impor sapi) sekitar 50.000 ekor. Memang bertahap,"‎ kata Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Djarot Kusumayakti di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Dia mengungkapkan, impor sapi dilakukan‎ untuk stabilisasi pasokan dan harga daging sapi yang melonjak di pasaran. Untuk itu, Kemendag menunjuk Bulog untuk merealisasikan importasi tersebut sebagai upaya bahwa negara hadir untuk melakukan stabilisasi.

"Artinya, Bulog akan samakan fungsi stabilisasi harga dan pasokan seperti yang dibicarakan," imbuh dia.

‎Djarot menjelaskan, setelah Kemendag mengeluarkan izin impor sapi, Bulog tak bisa langsung merealisasikannya. Namun selanjutnya Bulog harus membawa surat izin tersebut kepada Kementerian Pertanian (Kementan).

"‎Saya dengan surat (izin) itu akan membawa ke Kementan untuk memperoleh spesifikasi teknis sapi yang boleh diimpor," imbuh dia.

Setelah rekomendasi spesifikasi teknis dikantongi, sambung Djarot, pihaknya akan membawa kembali surat tersebut ke Kemendag untuk kemudian dikeluarkan izin melaksanakan impor.

"Jadi saya kira paling lama tidak lebih dari minggu ini. Kan semua harus cepat. Saya sudah koordinasi dengan Kementan agar segera merespon permintaan kami," pungkasnya.

(Baca: Mendag Ancam Pidanakan Importir Daging Nakal)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4721 seconds (0.1#10.140)