Efektif dan Efisien dengan BTN Cash Management

Senin, 10 Agustus 2015 - 17:31 WIB
Efektif dan Efisien dengan BTN Cash Management
Efektif dan Efisien dengan BTN Cash Management
A A A
Efisiensi merupakan langkah tepat yang harus dilakukan perusahaan dalam menghadapi perlambatan ekonomi. Untuk mempermudah langkah efisiensi tersebut, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meluncurkan BTN Cash Management.

Perlambatan perekonomian nasional yang sekarang terjadi membuat sejumlah perusahaan harus melakukan efisiensi dalam melakukan aktivitas bisnis. Banyak cara yang bisa dilakukan di antaranya dengan meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan perusahaan.

Langkah tersebut diharapkan bisa menjaga kinerja perusahaan saat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi. Untuk bisa efektif dan efisien dalam pengelolaan keuangan, haruslah ditunjang dengan cash management system yang andal.

Kehadiran BTN Cash Management diharapkan bisa menjadi solusi bagi perusahaan untuk mengelola sistem keuangan sesuai kebutuhannya. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai BTN Cash Management, berikut petikan wawancara KORAN SINDO dengan Direktur BTN Sis Apik Wijayanto di kantornya baru-baru ini.

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan perusahaan saat pertumbuhan ekonomi sedang melambat seperti sekarang ini?

Seperti diketahui, saat ini ekonomi nasional sedang mengalami perlambatan. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan adalah efisiensi. Misalkan saja dengan melakukan tata swakelola kas sesuai dengan kebutuhannya. Nah, untuk bisa mengelola keuangannya sendiri dibutuhkan cash management system yang baik.

Bagaimana dengan Bank BTN?


Bank BTN sudah memiliki layanan cash management system dan telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini merupakan suatu layanan bagi nasabah untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan dan perbankan yang diakses melalui jaringan internet.

Dengan layanan yang kami sebut BTN Cash Management ini, diharapkan korporasi dapat melakukan tata swakelola kas sesuai kebutuhannya. Ada berbagai keuntungan yang diperoleh korporasi bila menggunakan layanan ini di antaranya efisiensi biaya dan waktu.

Suatu korporasi tidak lagi mengeluarkan biaya transportasi dan menghabiskan waktu ke bank untuk melakukan berbagai jenis transaksi keuangan. Semua bisa dilakukan di kantor, jadi lebih hemat biaya dan waktu. Tentunya biaya dan waktu yang bisa dihemat tersebut bisa dialihkan untuk kegiatan produktif

Sebenarnya seberapa besar kebutuhan layanan tersebut?

Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, saya yakin layanan cash management system sangat dibutuhkan banyak korporasi sebab mereka memang harus melakukan efisiensi biaya dan waktu.

Di sisi lain, dalam menjalankan aktivitas usahanya, korporasi harus memiliki kecepatan eksekusi yang mungkin transaksinya ditunggu pihak ketiga di tempat lain. Jadi, sebenarnya layanan ini bisa juga meningkatkan performance sebuah korporasi.

Itulah sebabnya saya pikir sudah waktunya bagi korporasi di Indonesia untuk mulai menggunakan layanan cash management system dalam usahanya. Karena itu, saya mengajak perusahaan-perusahaan dengan menawarkan fitur yang customize sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Apakah ini merupakan layanan baru di Indonesia?

Sebetulnya di negara lain, layanan seperti ini sudah berkembang. Di Indonesia juga sudah ada beberapa bank yang memiliki layanan ini. Penggunanya akan semakin banyak jika sudah mengetahui besarnya manfaat yang dirasakan setelah mempergunakan layanan ini. Bahkan, kita yakini ini sudah mendesak untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dan dalam rangka pengembangan usaha yang lebih cepat lagi.

Jenis korporasi seperti apa yang bisa menggunakan layanan ini?

Semua jenis korporasi, apa pun sektor usahanya bisa menggunakan layanan ini. Baik itu perusahaan terbuka, badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan keluarga, hingga usaha kecil menengah (UKM) sekalipun.

Bahkan, lembaga pendidikan dan pemerintahan bisa juga menggunakannya untuk kepentingannya masing-masing. Yang terpenting, mereka memiliki transaksi rutin. Kemudian layanan ini juga memungkinkan sebuah korporasi melakukan transaksi harian dan mengatur keuangan dengan mudah, cepat, dan akurat.

Sehingga, korporasi mampu mengoptimalkan kinerja keuangan secara efisien dan effective cost. Bahkan, nasabah korporasi dapat melakukan transaksi secara online real-time (anywhere - anytime ).

Misalkan saja di BTN Cash Management yang juga kompatibel dengan berbagai perangkat seperti PC, laptop, maupun device lainnya selama terhubung dengan internet.

Bisa dijelaskan fitur-fitur apa saja yang ada di layanan BTN Cash Management?

BTN Cash Management memiliki beberapa fitur yang ditawarkan untuk memudahkan aktivitas tata swakelola kas perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Di antaranya account information, maksudnya, nasabah dapat dengan mudah melakukan pengecekan transaksi perusahaan dan mengontrol arus kas masuk dan keluar.

Kemudian, fund transfer, korporasi dapat dengan mudah melakukan berbagai aktivitas transaksi yang berkaitan dengan pemindahan dana dari satu rekening ke rekening lainnya secara mandiri. Seperti in house/internal transfer dan eksternal transfer yang terdiri atas SKN/kliring, RTGS, online, dan SWIFT.

Dalam bentuk rupiah maupun lainnya, baik kolektif atau massal maupun satuan. Juga payroll yang mekanismenya dapat dilakukan pada hari kerja maupun libur. Serta, account pooling, pemindahbukuan antara rekening perusahaan yang biasa dilakukan sesuai dengan jadwal.

Fitur lainnya adalah payment dan purchases. Berfungsi memudahkan transaksi nasabah korporasi yang berkaitan dengan pembayaran. Seperti tagihan telepon, listrik, operator telepon seluler pascabayar, dan asuransi karyawan. Tidak kalah pentingnya adalah fitur pembukaan atau penutupan deposito.

Nasabah korporasi dapat melakukan pembukaan deposito dengan nominal dan waktu penempatan sesuai dengan kebutuhan. Begitu juga dengan waktu penutupan. Serta, fitur permintaan buku cek/bilyet giro dan permintaan uang tunai.

Maksudnya, nasabah dapat meminta sejumlah buku cek maupun bilyet giro sesuai kebutuhan dan akan disediakan langsung ketika nasabah datang ke bank. Juga, nasabah dapat meminta sejumlah uang tunai yang dapat diambil langsung pada kantor Bank BTN mana saja di seluruh Indonesia.

Apakah ada keuntungan lain yang diperoleh dengan menggunakan layanan ini?

Sebenarnya banyak pihak yang memperoleh keuntungan jika sebuah korporasi menggunakan layanan ini. Bagi perbankan, semakin banyak pengguna, akan meningkatkan volume giro dari perusahaan-perusahaan itu.

Giro itu kan salah satu current account savings account (CASA) yang menjadi idaman bagi bank. Pada tahap pertama, kita berharap CASA Bank BTN bisa naik 4-5% lagi atau di atas 50%. Pada semester I/2015, rasio CASA Bank BTN sebesar 47,27% Dari sisi biaya, meningkatnya giro akan menurunkan cost of fund.

Kita berharap, dengan semakin banyaknya korporasi yang menggunakan layanan ini, akan memengaruhi cost of fund Bank BTN. Sehingga, diharapkan ke depan kita bisa memberikan lending dalam bentuk KPR dengan perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan bunga yang lebih rendah lagi.

Arahnya akan ke sana. Pastinya, hal itu akan menguntungnya calon pembeli rumah. Dengan manfaat yang bisa dirasakan oleh banyak pihak itulah, Bank BTN berharap hingga akhir tahun ini bisa merangkul tiga ribu pengguna cash management system. Dengan semakin besarnya kebutuhan efisiensi, target tersebut diyakini bisa dilampaui.

Bagaimana dengan keamanannya?

Keamanan transaksi terjamin dengan adanya fiturautomated password generator serta two factor authentication yang mengombinasikan username, password, dan security token. Sehingga, seluruh transaksi dapat dikonfigurasi dengan proses approva l bertingkat yang dapat disesuaikan dengan alur bisnis sebuah korporasi.
(hyk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4068 seconds (0.1#10.140)