DPR: Kemandirian Ekonomi Jangan Sekadar Wacana

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 13:29 WIB
DPR: Kemandirian Ekonomi Jangan Sekadar Wacana
DPR: Kemandirian Ekonomi Jangan Sekadar Wacana
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zulkiflimansyah meminta agar pemerintah tidak hanya sekadar mewacanakan adanya kemandirian ekonomi bangsa. Hal tersebut harus direalisasikan dengan upaya-upaya pemerintah menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih stabil.

"70 tahun (Indonesia) merdeka, kemandirian ekonomi jangan hanya sekadar wacana. Kalau kita selalu mengatakan bahwa prosesnya panjang, ya sampai kapan enggak akan mulai," katanya dalam Diskusi Polemik Sindotrijaya FM, di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Menurutnya, dalam pidato kenegaraan Nota Keuangan 2016 kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mencerminkan adanya keinginan untuk membangun kemandirian ekonomi. Misal, dalam pidato tersebut tidak disinggung mengenai peningkatan ekspor bernilai tambah.

"Apa sih susahnya dalam event sebesar itu (Jokowi) mengatakan, kita mau misalnya meningkatkan nilai tambah supaya tidak lagi mengekspor bahan mentah. Bikin smelter saja satu contoh. Kalau smelter ini saya pesan untuk Freeport dan Newmont ya," imbuh dia.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Hendrawan Supratikno menuturkan bahwa jangan sampai Indonesia menjadi negara yang ekonominya haus akan impor.

"Ekspor komoditi yang murah, tapi kita impor barang jadi. Itu kita rugi dua sisi. Ini ganti Menteri Keuangan, ganti Presiden, template keuangannya tetap sama," pungkasnya. (lly)

Baca:

Sederet Masalah Ekonomi Ini Jadi Tanggungan Jokowi

Ini Asumsi Dasar Ekonomi Makro RI
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7793 seconds (0.1#10.140)