Pengusaha Minta Jokowi Perhatikan Iklim Usaha di RI

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 13:42 WIB
Pengusaha Minta Jokowi Perhatikan Iklim Usaha di RI
Pengusaha Minta Jokowi Perhatikan Iklim Usaha di RI
A A A
JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperhatikan ketenangan dan iklim usaha di Tanah Air. Sebab, ketenangan berusaha akan mendorong industri di Indonesia lebih maju dan berkembang.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, industri di Indonesia sejatinya memiliki potensi untuk maju dan berkembang. Sayangnya, itu tidak didukung peran pemerintah untuk memajukan industri di Tanah Air.

"‎Misal handphone saja, pasti kita punya handphone kan lebih dari satu. Tapi sampai hari ini berapa pabrik yang mau mendirikan di sini. Pemain besarnya enggak banyak," katanya dalam Diskusi Polemik Sindotrijaya di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (15/8/2015).

Contoh lain, sambung Hariyadi, aksi mogok nasional yang kerap dilakukan para pekerja di Indonesia kala akan ada kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP). Aksi mogok tersebut tentu akan merusak iklim kerja industri dan menyebabkan kerugian besar bagi pengusaha.

"Ketenangan industri bekerja juga harus menjadi perhatian pemerintah. Enggak bisa mogok tanpa suatu alasan yang jelas. Kalau mogok nasional, itu kan rusak industrinya," tegas dia.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang kerap tidak berpihak terhadap ketenangan berusaha di Indonesia, seperti pengenaan pajak penjualan barang mewah (PPnBM).‎ "Akhirnya orang lebih senang impor mobil dari Thailand dibanding bikin disini. Karena repot sama PPnBM dan lain-lain. Kalau mau dorong industri, cara berpikirnya harus diubah," pungkasnya. (lly)

Baca:

Ekonomi Melemah, Pengusaha Akui Terjadi PHK Massal

Ekonomi Makin Lesu, Siap-siap PHK Massal

Ekonomi Lesu, Pengusaha Anggap Wajar PHK Massal
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6942 seconds (0.1#10.140)