BTN Perluas Ekspansi ke Papua

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:24 WIB
BTN Perluas Ekspansi ke Papua
BTN Perluas Ekspansi ke Papua
A A A
JAYAPURA - PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BTN) memperluas ekspansi kredit ke Papua dengan target hingga akhir tahun 2015 mencapai Rp1 triliun. Hingga akhir semester I/2015 kredit yang sudah disalurkan ke Bumi Cendrawasih mencapai Rp550 miliar.

”Potensi di Papua sangat besar, pembangunan perumahan banyak dilakukan. Selain di Jayapura ada juga di Sorong, Manokuari. Sampai semester satu saja Rp400 miliar sudah disalurkan untuk KPR dan sisanya sekitar Rp150 miliar untuk kredit lainnya,” ujar Direktur Utama BTN Maryono usai acara perayaan 70 tahun Kemerdekaan RI di Jayapura, Papua, kemarin.

Dia memaparkan, potensi kredit yang bisa digarap di Papua antara lain pembiayaan untuk pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri serta proyek-proyek yang dilakukan oleh korporasi. BTN menyasar segmen korporasi yaitu perusahaan tambang yang beroperasi di Papua. ”Kami sudah melakukan MOU dengan Kabupaten Jayapura. Saya juga sudah bicara dengan Pangdam.

Ada ribuan PNS dan anggota TNI yang bisa diberikan pembiayaan perumahan,” paparnya. Lebih lanjut Maryono menuturkan, dalam perayaan HUT Ke-70 Indonesia, BTN yang ditunjuk Kementerian BUMN melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) di Papua sedikitnya menyalurkan dana sebesar Rp3,5 miliar.

Program CSR yang dilakukan antara lain bantuan bedah rumah untuk veteran, pembagian bibit padi dan peternakan babi, serta pembagian sembako murah. ”Bank BTN mendapat penugasan wilayah perbatasan Indonesia yang tergolong masih rawan konflik. Tetapi, kami datang sebagai putra bangsa yang ingin bersama-sama membangun Papua.

Banyak kegiatan sosial yang dilakukan dalam rangka HUT Ke-70 RI yang semuanya diarahkan untuk perbaikan ekonomi masyarakat Papua. Kami bangga menjadi bagian dalam mengembangkan wilayah ini,” tegasnya. Maryono mengungkapkan, BTN menyalurkan Rp900 juta untuk program bedah rumah bagi 45 veteran.

Bank BTN juga memberikan bantuan penyediaan atau perbaikan sarana laboratorium di 17 sekolah menengah kejuruan (SMK) dan peningkatan sarana perpustakaan di delapan SD negeri. Ada juga bantuan sembako yang diberikan di 17 wilayah, masing-masing wilayah sebanyak 170 paket sembako.

Rakhmat baihaqi
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6674 seconds (0.1#10.140)