Rachmat Gobel Tetap Kunjungi Pasar Kramatjati

Rabu, 19 Agustus 2015 - 09:26 WIB
Rachmat Gobel Tetap Kunjungi Pasar Kramatjati
Rachmat Gobel Tetap Kunjungi Pasar Kramatjati
A A A
JAKARTA - Sepekan setelah melepas jabatan sebagai menteri perdagangan (mendag), Rachmat Gobel memenuhi janjinya untuk halalbihalal dan melakukan perayaan HUT ke- 70 RI bersama para pedagang Pasar Induk Kramatjati.

Rachmat mengungkapkan, saat menjabat sebagai mendag, dia kerap datang blusukan tengah malam ke pasar. Bos Panasonic Indonesia itu juga mengaku merasakan nikmatnya sahur bersama para pedagang pasar pada Ramadan lalu. ”Waktu itu saya bilang bagaimana kalau pas Lebaran saya bisa berhalalbihalal dengan pedagang. Akhirnya acaranya dikumpulkan jadi satu hari ini, sekaligus halalbihalal dan merayakan 70 tahun Indonesia merdeka,” tuturnya di kawasan Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, kemarin.

Menurut Rachmat, ajang silaturahmi tersebut sebagai wujud terima kasih kepada pedagang yang telah membantu dalam pengadaan dan kelancaran melayani kebutuhan pokok. ”Saya harapkan kebijakan yang sudah pernah diterapkan dalam menjaga stabilitas bahan pokok bisa dilanjutkan, dan bagaimana agar bisa tetap merangkul pedagang pasar karena mereka adalah pahlawan,” tegasnya.

Didampingi Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Rachmat mengenalkan sosok mendag penggantinya itu kepada para pedagang pasar. ”Saya yakin mendag baru akan lebih hebat, dan kita dukung bersama supaya bisa menjalankan stabilitas harga,” ucapnya. Sementara terkait upaya menggenjot ekspor, Rachmat yang pernah mencanangkan peningkatan ekspor 300% hingga 2019 itu, juga menyatakan komitmen untuk membantu meningkatkan ekspor.

”Saya akan bantu dengan cara saya. Bersama asosiasi pengusaha, saya akan bantu beliau (mendag) meningkatkan ekspor melalui penguatan industri dalam negeri,” ungkapnya kepada media. Mendag Thomas Lembong atau akrab disapa Tom mengaku terharu berada di tengah-tengah pedagang pasar. Ia menyatakan penghargaan dan hormat sedalam- dalamnya kepada pedagang yang setia berjualan dan mau menjaga kestabilan harga. ”Saya ingin belajar banyak kepada bapak dan ibu sekalian. Kalau ada kritikan, silakan disampaikan,” tuturnya.

Tak sekadar silaturahmi, pada kesempatan tersebut Rachmat Gobel juga menyerahkan sejumlah hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT ke-70 RI. Manajer UPT Pasar Induk Kramatjati Salem mengatakan, beberapa lomba yang digelar antara lain tarik tambang, balap karung, sepak bola daster, dan panjat pinang.

Seusai penyerahan hadiah, Rachmat dan Tom melakukan pemotongan tujuh tumpeng sebagai simbol 70 tahun Indonesia merdeka. Keduanya juga sempat masuk dalam area pasar dan menyapa para pedagang hingga petang pukul 18.00 WIB.

Inda susanti
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5359 seconds (0.1#10.140)