Beli Mobil Baru Perlu Perhatikan Banyak Hal

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 10:34 WIB
Beli Mobil Baru Perlu Perhatikan Banyak Hal
Beli Mobil Baru Perlu Perhatikan Banyak Hal
A A A
AJANG Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 menjadi arena agen pemegang merek (APM) menghadirkan model-model terbaru.

Kebutuhan akan mobil sebagai kendaraan operasional yang dapat memudahkan mobilitas semakin meningkat. Juga keinginan untuk tampil lebih gaya dan percaya diri pun menjadi alasan lain banyaknya orang yang membeli mobil. ”Namun, perlu diperhatikan bahwa membeli mobil tidak cukup sekadar punya uang. Lebih dari itu, kita harus memiliki pengetahuan yang cukup agar tidak menyesal di kemudian hari,’’ ujar Manager Communication and Event Asuransi Astra Laurentius Iwan Paranoto.

Bagi pembeli mobil pemula atau yang baru pertama kali membeli mobil, kata Iwan, beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan di antaranya menyesuaikan jenis mobil dan anggaran. ”Sebaiknya tentukan dahulu jenis dan tipe mobil yang Anda inginkan lalu sesuaikan dengan isi kantong. Hal ini berfungsi untuk menjaga kondisi finansial Anda stabil karena masih ada biaya yang harus dikeluarkan setelahnya seperti cicilan bulanan, servis berkala, pajak tahunan, dan lainnya,’’ ujarnya.

Pertimbangan lainnya yakni jenis pembayaran. Jika konsumen memiliki dana yang cukup untuk membeli mobil, tidak ada salahnya membeli secara tunai. Namun, jika masih ada pos-pos pengeluaran lain yang harus dilunasi, membeli secara kredit adalah langkah yang bijak.

Bagi yang membeli secara kredit, perlu memastikan perusahaan yang akan membiayai pembelian mobil adalah perusahaan yang tepercaya dan memberikan harga rasional. Konsumen, kata Iwan, juga perlu mengetahui kondisi mobil yang akan dibeli. ”Jangan sia-siakan kesempatan test drive. Gunakanlah kesempatan ini untuk benar-benar mencoba dan merasakan performa mobil. Tidak ada salahnya melakukan test drive terhadap lebih dari satu mobil,’’ paparnya.

Bagi yang membeli mobil secara kredit, mobil yang dibeli sudah pasti memiliki asuransi karena sudah masuk dalam satu paket. Tidak demikian dengan pembelian secara tunai, di mana konsumen yang menentukan apakah mobil akan diasuransikan atau tidak. ”Selain melindungi mobil dari risiko buruk yang mungkin terjadi, asuransi juga membantu menjaga kondisi keuangan tetap stabil karena dapat mengurangi pengeluaran tak terduga akibat tabrakan, misalnya,’’ ungkap Iwan.

Pada GIIAS 2015, Asuransi Astra yang dikenal lewat Garda Oto menggandeng para APM dari Grup Astra. Untuk mobil-mobil yang dijual Daihatsu misalnya selama pameran berlangsung akan mendapatkan free asuransi. Garda Oto, lanjut Iwan, telah meluncurkan inovasi-inovasi seperti Garda Siaga ERA (emergency roadside assistance) dan EMA (emergency medical assistance), Garda Akses hingga Garda Center merupakan bukti keseriusan Asuransi Astra memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan Garda Oto.

Agar lebih dekat dengan masyarakat, Asuransi Astra pun meluncurkan aplikasi mobile Garda Mobile Otocare yang memberikan cara baru mendapatkan ketenangan berkendara karena dilengkapi berbagai fitur seperti reminder, fuel monitor, near me, knowledge, dan lainnya.

Anton c
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6650 seconds (0.1#10.140)