Berburu Saniter Harga Miring

Rabu, 02 September 2015 - 08:58 WIB
Berburu Saniter Harga Miring
Berburu Saniter Harga Miring
A A A
Meskipun termasuk barang bekas, Anda tak perlu khawatir dengan kualitasnya. Di Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Anda bisa mendapatkan saniter bak hotel bintang lima. Masalah harga, Anda juga tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Siapa tidak mengenal Pasar Rumput? Ya, lokasi ini memang sudah terkenal sebagai pasar yang menjual berbagai barang bekas di kawasan Jakarta Selatan. Disebut Pasar Rumput karena pada era 1950-an, pasar ini merupakan tempat berjualan rumput untuk makanan kuda.

Pada 1970-an, pedagang rumput di pasar ini semakin berkurang karena masyarakat sudah menggunakan kendaraan bermotor. Sejak saat itu, banyak pedagang yang beralih profesi menjadi penjual barang bekas. Beragam jenis barang ditawarkan di Pasar Rumput. Dari berbagai kebutuhan rumah, seperti saniter dan ubin keramik hingga perlengkapan lain, semisal alat olahraga, alat musik, dan sepeda bekas.

Dari sekian banyak barang, yang paling diminati sekaligus dicari adalah produk saniter. Ya, di sini Anda dapat memilih beragam produk saniter. Anda bisa menemukan kloset, bathtub, sink , wastafel, shower , ataupun kran berkualitas, tapi dengan harga yang miring. Salah seorang pengunjung Pasar Rumput Ahmad Subrasdianto bersama istrinya, sengaja datang untuk berburu kloset duduk di sana.

Menurut Ahmad yang tinggal di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, harga kloset di pasar ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga kloset di toko ataupun supermarket bahan bangunan. “Saya sudah beberapa kali membeli kloset di Pasar Rumput. Selain harganya murah, produk kloset di sini juga awet dan kualitasnya enggak kalah saing,” ujar Ahmad.

Sayang, lapak yang menjual produk saniter di Pasar Rumput sekarang sudah tidak sebanyak dulu. Banyak pula pedagang yang menutup lapak mereka karena terkena penertiban. Saat ini, tersedia kurang lebih 10 lapak penjual saniter bekas yang masih berjualan di Pasar Rumput. Kisaran harga kloset duduk yang ditawarkan di pasar ini mulai Rp850.000 hingga Rp1,4 juta. Merek yang ditawarkan pun beragam, termasuk merekmerek terkenal, seperti American Standar dan Grohe.

Produk saniter bekas yang dijual di Pasar Rumput biasanya berasal dari bekas hotel, apartemen, dan rumah tinggal. Sebelum dijual kembali, pedagang di sini lazimnya akan mengecek terlebih dahulu kondisi produk bekas tersebut. Jika tidak ada kerusakan, pedagang biasanya cukup mencuci perlengkapan saniter dengan bahan kimia tertentu agar terlihat bersih seperti baru.

Kalau terdapat bekas goresan pada permukaan kloset, pedagang biasanya akan menggunakan ampelas untuk menggosok permukaan yang tergores tadi. Di samping kondisi barang, beberapa penjual juga menawarkan garansi untuk saniter bekas dagangannya. Ambil contoh Erik, pedagang saniter bekas toko Ro Gok Tua di Pasar Rumput.

Dia berani memberikan garansi warna kloset tidak pudar selama tiga tahun. “Rata-rata pedagang di sini hanya memberikan garansi kerusakan selama beberapa bulan. Kalau di toko saya, ada garansi warna supaya konsumen makin tertarik untuk membeli,” ujar Erik. Meski lebih terkenal dengan saniter bekasnya, di sentra saniter Pasar Rumput juga tersedia perlengkapan saniter baru. Namun, jangan khawatir soal harganya.

Saniter baru di tempat ini tetap dijual dengan harga yang murah. Saat belanja di Pasar Rumput, Anda harus jeli melihat nama produk saniter baru mana yang “baru direparasi”. Perbedaannya bisa terlihat pada warna permukaan saniter. Kalau sudah agak pudar, Anda patut ragu apakah itu barang baru atau bekas. Perbedaan lain adalah ketersediaan kardus pada produk-produk saniter yang Anda beli.

Produk saniter baru biasanya dijual lengkap dengan kardus yang mencantumkan merek serta kartu garansi. Bagaimana, Anda tertarik untuk berburu saniter di Pasar Rumput? Ingat, harus selalu jeli untuk memilih ya!

Aprilia S Andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8474 seconds (0.1#10.140)