BLU CPO Fund: Sulit Ajak Petani Lakukan Replanting Sawit

Kamis, 03 September 2015 - 15:50 WIB
BLU CPO Fund: Sulit Ajak Petani Lakukan Replanting Sawit
BLU CPO Fund: Sulit Ajak Petani Lakukan Replanting Sawit
A A A
JAKARTA - Direktur Utama Badan Layanan Umum (BLU) Dana Pungutan Minyak Kelapa Sawit (CPO Fund) Bayu Krisnamurthi mengatakan, tidak mudah meyakinkan petani agar lahannya di replanting.

Pasalnya, jika lahan tersebut dilakukan replanting sawit, maka secara otomatis petani tersebut akan menganggur selama empat tahun, karena menunggu sawitnya berbuah. Mereka tidak akan mengantongi income dalam rentan waktu empat tahun.

"Kita mesti datang ke petaninya. Harus kita kondisikan dulu, dan membuat petaninya siap replanting itu enggak mudah. Sekarang yang paling susah itu justru ngajak petani untuk di-replanting. Karena mereka akan menunggu selama empat tahun. Mereka enggak dapat income," katanya di kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Meski lahan siap untuk replanting, namun ketika kondisi petani tidak siap, pihak BLU tak bisa serta merta menjalankan projek mereka. Maka, pihaknya saat ini sedang gencar meyakinkan para petani tradisional di area lahan replanting.

Selain itu, para petani juga harus diyakinkan, bahwa harga sawit yang sekarang sedang turun, suatu saat bisa menguat (rebound) dan bisa memberikan income besar ke mereka.

"Itu yang selalu dia takutkan. Padahal kita selalu yakinkan pada kondisi sekarang harga sedang rendah, saat paling bagus melakukan replanting. Saat nanti mudah-mudahan harganya sudah rebound, dia sudah dapatkan produksi dengan kualitas lebih bagus dan produktivitasnya lebh tinggi," pungkas Bayu.

Baca: BLU CPO Fund Segera Tetapkan Peremajaan Sawit
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7563 seconds (0.1#10.140)