Perbankan Kembangkan Tabungan Pelajar

Rabu, 09 September 2015 - 10:16 WIB
Perbankan Kembangkan Tabungan Pelajar
Perbankan Kembangkan Tabungan Pelajar
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan mengembangkan produk tabungan yang diberi nama Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB).

Produk ini merupakan salah satu upaya OJK dalam membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini bagi pelajar. ”Produk ini merupakan tabungan bagi para peserta didik, mulai jenjang PAUD/ raudatul athfal (RA) hingga SMA/ madrasah aliyah (MA) dan pondok pesantren yang diterbitkan secara nasional oleh perbankan di Indonesia,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Jakarta kemarin.

Dia mengungkapkan, produk tabungan Simpel/Simpel iB ini diarahkan untuk menjadi tabungan dengan persyaratan yang mudah dan sederhana serta fituryangmenarik, dalamrangka edukasi dan inklusi keuangan. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi Keuangan 2013, tingkat inklusi keuangan kelompok siswa baru mencapai 44%.

Padahal, secara statistik, jumlah pelajar SD, SMP, dan SMA dibanding total populasi Indonesia menunjukkan angka yang signifikan, yaitu 20%, dengan rincian sekitar 38,8 juta siswa di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan sekitar 11 juta siswa di bawah Kementrian Agama (Kemenag). Peluang untuk meningkatkan inklusi keuangan khususnya kelompok pelajar masih sangat besar.

Karena itu, kata Muliaman, dibutuhkan sebuah model produk keuangan dengan karakteristik dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kelompok siswa. Produk ini pertama kali diluncurkan pada 14 Juni 2015 oleh Presiden RI Joko Widodo yang diikuti oleh 8 bank umum syariah.

Namun, pada hari Selasa (8/9) kemarin diikuti oleh 8 bank umum konvensional (Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata, Bank Jabar- Banten dan Bank Jatim) dan 6 bank umum syariah (Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, BCASyariah, danPaninSyariah).

Sementara itu, tabungan BNI SimPel akan melengkapi dan memperkuat posisi BNI di kalangan pelajar dan mahasiswa. Direktur Utama BNI Achmad Baiquni menuturkan, Tabungan BNI SimPel akan melengkapi dan memperkuat posisi BNI di kalangan pelajar dan mahasiswa selain Tabungan Taplus Anak dan Taplus Muda. Achmad Baiquni menargetkan sekitar 100.000 rekening pelajar per tahun dalam bentuk simpanan.

Kunthi fahmar sandy
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3974 seconds (0.1#10.140)