Susi Ungkap 200 Kapal Asing Diduga Curi Ikan di Laut Arafura

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 14:06 WIB
Susi Ungkap 200 Kapal Asing Diduga Curi Ikan di Laut Arafura
Susi Ungkap 200 Kapal Asing Diduga Curi Ikan di Laut Arafura
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan setidaknya terdapat 200 kapal asing yang berlayar melintasi Laut Arafura, Maluku dan diduga melakukan tindakan illegal unreported and unregulated (IUU) fishing setiap hari.

Dia menyebutkan, kapal-kapal tersebut ilegal lantaran dengan sengaja mematikan alat monitor vessel monitoring system (VMS) dan automatic identification system saat melintasi laut di Timur Indonesia tersebut. ‎‎(Baca: Menteri Susi dan TNI AL Tangkap 16 Kapal Asing Ilegal)

"Dari satelit di laut Arafuru ini ada kurang lebih 50 sampai 200 kapal di atas 20-30 meter, bahkan ada yang 50 meter, beroperasi tanpa VMS dan AIS," tuturnya di Gedung Minabahari I KKP, Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Sebab itu, dia meminta seluruh aparat penegak hukum termasuk TNI Angkatan Laut (AL) untuk siaga dan memantau tindakan kapal nakal tersebut. Terlebih hingga saat ini mantan Bos Susi Air ini belum pernah berhasil menangkap kapal ilegal yang beredar di Laut Arafura, lantaran mereka kerap melarikan diri ke Papua Nugini ‎usai menjaring ikan.

"Kelihatannya laut Arafura kita ini yang paling banyak diganggu, tapi kita tidak berhasil menangkapnya. Kebanyakan mereka lari setelah selesai menangkap, nyebrang ke Papua Nugini," tandasnya.

Baca:
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7424 seconds (0.1#10.140)