ABB Bangun Pabrik Tegangan Menengah Rp280 M

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 20:31 WIB
ABB Bangun Pabrik Tegangan Menengah Rp280 M
ABB Bangun Pabrik Tegangan Menengah Rp280 M
A A A
TANGERANG - Produsen teknologi ketenagalistrikan dan otomatisasi ABB meresmikan fasilitas pabrik Insulated Switchgear (AIS) tegangan menengah di Tanggerang dalam rangka memenuhi kebutuhan distribusi energi.

Country Managing Director ABB di Indonesia Richard Ledgard mengatakan, peresmian fasilitas pabrik AIS tegangan menengah tersebut merupakan bagian dari rencana investasi perseroan yang diperkirakan mencapai USD20 juta atau setara Rp280 miliar (Rp14.000/USD).

"Pabrik baru ini, akan memproduksi AIS tegangan menengah yang termasuk di dalamnya pembangunan pabrik produk listrik tegangan rendah di Cibitung dan telah diresmikan tahun lalu," kata dia pada acara peresmian pabrik di Tangerang, kemarin.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia. Di sisi lain, Indonesia memiliki kekuatan ekonomi yang terus berkembang dan diperhitungkan secara global.

Switchgear yang diproduksi di pabrik baru akan mendukung distribusi energi listrik secara efisien dan andal dalam rangka memenuhi kebutuhan energi listrik.

"Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, pabrik baru ini berfungsi sebagai titik suplai yang memegang peranan penting di tingkat regional. Fasilitas produksi yang canggih akan membantu peningkatan kebutuhan konsumen di sektor distribusi energi, secara global," paparnya.

Fasilitas produksi seluas 3.700 meter persegi yang terletak di Tangerang ini akan memproduksi rangkaian produk AIS tegangan sedang, seperti UniSwitch, UniSec, UniGear dan UniGear Digital, yang merupakan inovasi produk switchgear tegangan menengah paling inovatif.

"Pabrik semi otomatis ini dirancang untuk menjalankan proses produksi yang efisien dengan kapasitas mencapai 4.000 panel switchgear per tahun. Saat ini, lebih dari sejuta panel AIS buatan ABB telah digunakan di lebih dari 100 negara di sektor galangan lepas pantai, kapal pengangkut dan tambang LNG, kapal pesiar, industri manufaktur, gardu induk, pembangkit listrik," tuturnya.

Fungsi switchgear dalam sistem energi listrik adalah mengendalikan, melindungi dan mengisolasi peralatan listrik untuk menjaga kestabilan suplai listrik.

Unit bisnis Medium Voltage Products ABB menghadirkan teknologi distribusi listrik yang aman, andal dan pintar bagi pelanggan utilitas, industri, dan komersial.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2988 seconds (0.1#10.140)