Setahun Jokowi-JK, Jonan: Sudah Bangun 15 Bandara Baru

Selasa, 20 Oktober 2015 - 15:27 WIB
Setahun Jokowi-JK, Jonan: Sudah Bangun 15 Bandara Baru
Setahun Jokowi-JK, Jonan: Sudah Bangun 15 Bandara Baru
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyebutkan, setidaknya terdapat 15 bandar udara (bandara) baru yang telah dibangun dalam masa satu tahun pemerintahan‎ Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

‎Dia menjelaskan, saat ini jumlah bandara di Indonesia sekitar 237 bandara. Sebanyak 26 bandara menjadi kewenangan PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II (Persero), 30 bandara menjadi kewenangan UPT pemerintah daerah, sisanya 180 bandara menjadi‎ kewenangan Kemenhub.

"15 Bandara baru kita bangun. Tapi ‎yang 237 tidak boleh dibiarkan, kita ingin dalam lima tahun kualitasnya sama. Ini ngomongnya gampang, tapi dilakukannya susah. Karena kita mengubah culture aparatur negara," katanya dalam acara Rembug Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Mantan Bos KAI ini menyebutkan, dari ke-15 bandara tersebut saat ini seluruhnya masih dalam proses pengerjaan (on progress). Adapun ke-15 bandara baru tersebut dua di antaranya adalah Bandara Internasional Juwata di Tarakan dan Bandara Takengon Aceh Tengah.

"Bandara internasional Juwata mudah-mudahan sedikit lagi selesai. ‎Saya yakin orang tidak pernah bayangkan kita mau bangun bandara seperti ini di Aceh Tengah, wilayah Takengon," imbuh dia.

‎Selain itu, sambung Jonan, pihaknya juga membangun Bandara Djalaluddin di Gorontalo dan Bandara Utarom Kaimana. Diharapkan, dua bandara tersebut dapat selesai pada tahun ini.

"Bandara Djalaludin Gorontalo masih on progress, Bandara Utarom Kaimana masih on progress. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa coba selesaikan," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7059 seconds (0.1#10.140)