Menteri BUMN Beri Sinyal Garuda Caplok Pelita Air

Senin, 30 November 2015 - 21:01 WIB
Menteri BUMN Beri Sinyal Garuda Caplok Pelita Air
Menteri BUMN Beri Sinyal Garuda Caplok Pelita Air
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberi sinyal PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dapat mencaplok anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor transportasi penerbangan, yaitu Pelita Air.

Dia menuturkan, kedua belah pihak belum membicarakan mengenai proses akuisisi tersebut. S‎aat ini, hubungan perusahaan pelat merah tersebut baru sebatas kerja sama dan menjalin sinergi satu sama lain. (Baca: Bandara Pondok Cabe Dibuka Komersil 2016)

"(Saat ini) belum, yang pasti itu nanti dikerjasamakan dahulu, dari sisi hukum, ekonomi masih dianalisa lebih lanjut," ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Dia mengungkapkan, keinginan agar Garuda dapat mengambil alih Pelita Air didasari alasan agar BUMN dapat fokus terhadap lini bisnis utamanya. Diketahui, Pertamina merupakan perusahaan pelat merah yang fokus pada sektor minyak dan gas (migas), sementara Garuda memiliki spesialisasi mengelola pesawat.

"Dalam hal ini garuda yang menspesialisasi mengelola pesawat aviasi itu lebih spesialisasi kemampuannya di Garuda daripada Pertamina. Makanya dikerjasamakan di Garuda, Pertamina sendiri konsentrasi kuat di minyak dan gas, yang ini kita tekankan pengembangan lebih lanjut ke Pertamina potensi untuk ke area situ masih besar," imbuhnya.

Untuk aktivitas yang tidak menjadi lini utama dapat dilimpahkan kepada BUMN lain, yang memiliki spesifikasi di bidang tersebut. (Baca: Bandara Pondok Cabe Akan Layani Delapan Rute)

"Sehingga aktivitas non-core, yang kurang mampu tetapi kita punya saudara yang lebih mampu, maka dikerjasamakan dengan yang lebih mampu," tegasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6631 seconds (0.1#10.140)