Telkom dan BGR Kerja Sama Sistem Distribusi Pupuk

Minggu, 06 Desember 2015 - 13:24 WIB
Telkom dan BGR Kerja Sama Sistem Distribusi Pupuk
Telkom dan BGR Kerja Sama Sistem Distribusi Pupuk
A A A
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sepakat menjalin kerja sama dengan PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) dalam bidang pengembangan sistem teknologi informasi, khususnya dalam distribusi pupuk yang menjadi salah satu program utama perusahaan pada 2016.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin menjelaskan, Telkom akan turut mendukung peran BGR melalui penyediaan ICT (Information and Communication Technology) yang menjadi kompetensi utama Telkom, selaku BUMN yang memiliki portofolio solusi ICT terlengkap di Indonesia.

“ICT ini berupa sistem teknologi informasi dengan platform dashboard (B2B2C approach) dan sistem otomasi (Machine to Machine – M2M approach). Untuk mengembangkan solusi ini, Telkom akan menggandeng anak perusahaan Telkom Group,” ujar Awaluddin, dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews.

Untuk rencana pengembangan pada 2016, Awaluddin menambahkan, pada tahap pertama Telkom dan BGR akan menjalankan pilot project transaksi digital pengecer di wilayah Lampung. Pilot project ini rencananya akan dilaksanakan pada Januari sampai dengan Juni 2016 yang selanjutnya akan diperluas ke 33 provinsi menjadi national coverage yang terintegrasi dengan e-Payment dan trace tracking.

“Sinergi dua BUMN ini diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap industri Logistik Indonesia, khususnya dalam pengelolaan distribusi pupuk bersubsidi yang akan memajukan perekonomian bangsa," tegas Awaluddin.

Direktur Utama BGR, Agus Andiyani mengungkapkan, banyak permasalahan terkait pengelolaan pupuk yang saat ini tengah menjadi sorotan pemerintah dan masyarakat. Cita-cita pemerintah untuk mewujudkan kemandirian ekonomi salah satunya dengan membangun kedaulatan pangan masih belum terealisasi.

Penyempurnaan sistem distribusi pupuk bersubsidi akan memberi keuntungan kepada para pihak dalam track and trace availability barang secara real time online sistem.

“Untuk itu, BGR selaku perusahaan BUMN di bidang logistik berharap dapat memberi solusi pada pengelolaan distribusi pupuk melalui pengembangan sistem informasi manajemen yang akan meningkatkan efektivitas dan akurasi pendistribusian pupuk,” tandas Agus.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5883 seconds (0.1#10.140)