PT KAI Klaim Jalur Trans Sulawesi Mampu Dilalui Kereta Cepat

Sabtu, 12 Desember 2015 - 18:14 WIB
PT KAI Klaim Jalur Trans Sulawesi Mampu Dilalui Kereta Cepat
PT KAI Klaim Jalur Trans Sulawesi Mampu Dilalui Kereta Cepat
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) (Persero) Edi Sukmoro mengutarakan bahwa rel kereta yang tengah dibangun untuk proyek trans Sulawesi yang menghubungkan Makassar dan Pare-Pare layak untuk dilalui kereta cepat. Dia menambahkan rel yang dibangun memiliki lebar 1,435 meter, lebih besar dari yang ada di Jawa yakni hanya 1,067 meter.

"Jadi ini sudah dipersiapkan untuk kecepatan tinggi, kereta bisa melaju 200 km/jam lebih. Sekarang ini hanya bisa maksimal 120 km/jam. Jadi kita sedang mengusahakan itu,"‎ katanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12/2015).

Dia juga menjelaskan bahwa pihaknya mendapatkan tugas untuk membangun sarana yang diperlukan untuk kereta cepat. Menurutnya untuk mendukung perkembangan industri dalam negeri pihaknya akan menawarkan kepada PT INKA untuk membuat gerbong kereta cepat untuk penumpang.

Nantinya tidak hanya kereta penumpang yang dioperasikan, Dia juga menekan akan berlaku juga buat kereta barang. "Kalau dari kami sendiri kami akan minta PMN (penyertaan modal negara) untuk menyediakan prasarana karena berbeda sekali dengan saat ini," tandasnya.

Sebagai informasi sejauh ini jalur kereta yang sudah dibangun tengah mencapai progres 80% dengan harapan untuk tahap pertama akan selesai pada tahun depan. Bukan tidak mungkin bila Sulawesi akan jadi pulau pertama yang merasakan kereta cepat dibandingkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)