Jokowi Buka Pasar Saham 2016, IHSG Terbiasa Melemah di Awal Tahun

Senin, 04 Januari 2016 - 10:30 WIB
Jokowi Buka Pasar Saham...
Jokowi Buka Pasar Saham 2016, IHSG Terbiasa Melemah di Awal Tahun
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka sektor perdagangan saham perdana di pasar modal pada awal tahun 2016. Tapi sayang kehadiran Jokowi tidak mampu mendongkrak pergerakan IHSG yang justru memerah ke level 4.571 ketikan pergerakan saham merosot sebesar 0,5%.

"Dengan ini saya nyatakan dibuka dan dimulai perdagangan saham tahun ini," ujar Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (4/1/2016).

Dia menegaskan perekonomian Tanah Air sepanjang tahun lalu sangat berat tapi semua itu merupakan tantangan yang bisa dijalani Indonesia dengan baik. Tantangan itu menurutnya mengarah ke sektor keuangan karena banyak hal yang kita hadapi perlambatan ekonomi dunia.

"Ketakutan suku bunga The Fed (Bank Sentral Amerika Serikat) mempengaruhi, tapi ada juga optimisme yang muncul pada tahun kemarin," katanya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengemukakan, tetap optimistis bisa meraih kinerja ekonomi lebih baik tahun ini. Semua langkah juga harus disambut dengan positif. Di tempat yang sama, Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, merahnya IHSG ketika awal tahun sudah biasa.

Dijelaskannya IHSG pada Desember tahun lalu seakan dipaksakan bergerak naik. Padahal, pergerakan indeks global terlihat menurun. "Bawaan dari akhir Desember kemarin. Harusnya mau ikuti bursa saham global menjelang akhir tahun yang banyak lemah karena harga minyak turun," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya kepercayan investor tahun ini masih belum membaik. Lantaran kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) masih belum stabil.

"Kalau dalam negeri, obligasi turun, rupiah masih Rp13.800/USD. Sementara IHSG terkesan dipaksa naik, akhirnya ada momen pasar profit taking pada awal tahun," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)