Jokowi Akan Lantik Pengurus KEIN Besok

Selasa, 19 Januari 2016 - 22:41 WIB
Jokowi Akan Lantik Pengurus KEIN Besok
Jokowi Akan Lantik Pengurus KEIN Besok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) yang diketuai politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir di Istana Negara, Rabu (20/1/2016).

"Ketua dan Anggota KEIN yg akan dilantik, Rabu 20 Januari 2016," tulis politisi PAN Chandra Tirta Wijaya, dalam akun Facebooknya, sambil memposting susunan pengurus KEIN, Selasa (19/1/2016).

"Selamat utk Mas Soetrisno Bachir (kanan) yg akan dilantik besok pagi, 20 Jan 2016, oleh Presiden Jokowi, sbg Ketua KEIN : Komite Ekonomi dan Industri Nasional," ungkapnya.

Ide pembentukan KEIN muncul dalam pertemuan Soetrisno Bachir dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/9/2015) silam. Pertemuan tersebut berlangsung selama satu jam.

"Memang ada diskusi mengenai lembaga yang dulu namanya KEN, mungkin nanti namanya Komite Ekonomi Industri Nasional karena kita akan menuju negara industri jadi hilirisasi," tutur Soetrisno, usai bertemu Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, kala itu.

Menurutnya, Indonesia tidak hanya sebagai negara impor, namun juga mampu memproduksi. "Tadi dibahas untuk bagaimana lembaga Komite Ekonomi dan Industri Nasional ini bisa membantu pemerintah, presiden khususnya," kata mantan Ketua Umum DPP PAN ini.

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) KEIN serupa dengan lembaga Komite Ekonomi Nasional (KEN) yang dipimpin Chairul Tanjung (CT). KEIN bertugas memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah terkait masalah ekonomi.

Dalam susunan Komite Ekonomi dan Industri Nasional, tercatat posisi ketua ditempati Soetrisno Bachir, Wakil Ketua Arif Budimanta, dan Sekretaris Putri Wardani. Sementara anggota terdiri dari Hendri Saparini, Hariyadi Sukamdani, Eddy Sariatmaja, Sudhamek, Johnny Darmawan, Benny Soetrisno, Mohammad Fadhil Hasan, Benny Pasaribu, Sonny Budi Harsono, Aries Muftie, Muhammad Syafii Antonio, M Najikh, Andri BS Sudibyo, Zulhanar Usman, Irfan Wahid, Donny Oskaria, dan Sugiarto Alim.

.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3260 seconds (0.1#10.140)