Universitas Pertamina Resmi Dibuka

Kamis, 11 Februari 2016 - 15:08 WIB
Universitas Pertamina Resmi Dibuka
Universitas Pertamina Resmi Dibuka
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) hari ini meresmikan pembukaan Universitas Pertamina, wujud kontribusi Pertamina pada masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi.

Universitas ini memiliki enam fakultas dengan 15 program studi untuk jenjang strata 1 (S1). Pertamina telah menunjuk Pertamina Foundation, yang akan melakukan pengelolaan aset untuk mendukung penyelenggaraan Universitas Pertamina yang meliputi sarana dan prasarana kampus, sarana olah raga, perpustakaan, dan laboratorium.

Sejak didirikan pada 2011, Pertamina Foundation telah menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang sosial dan kemanusiaan, berfokus pada bidang pendidikan dan lingkungan hidup.

"Pada 2015, kami ingin meningkatkan fokus berbagai program pendidikan untuk memperluas cakupan wilayah kerja dan pendanaan program, serta membangun sistem manajemen program berbasis teknologi informasi. Peresmian ini awal bagi kami untuk membangun individu yang kompeten dan dapat bersaing di era MEA," ujar Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi dalam rilisnya, Kamis (11/2/2016).

Mulai tahun ini hingga 2020, Pertamina Foundation fokus pada penyediaan infrastuktur dasar meliputi pembangunan kampus I, ruang kuliah, laboratorium, serta penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi.

Pada 2021, pembangunan kampus utama serta pengembangan pusat kegiatan mahasiswa ditargetkan dimulai. "Pertamina Foundation mengalokasikan dana Rp680 miliar untuk lima tahun ke depan guna pengembangan Universitas Pertamina. Untuk tahun pertama, alokasi dana Universitas Pertamina diproyeksikan senilai Rp80 miliar," imbuh dia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, Universitas Pertamina menempati lahan seluas 6,5 ha di kawasan Simprug, Jakarta Selatan.

Universitas Pertamina akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2016/2017 pada Juli. Universitas Pertamina menawarkan 15 program studi strata-1, melalui 6 fakultas, Fakultas Teknologi Eksplorasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

Wianda optimistis kapasitas dan pengalaman Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia menjadi keunggulan tersendiri bagi setiap bidang studi yang diselenggarakan Universitas Pertamina.

Mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan fondasi akademik yang kuat di setiap bidang studi tapi juga akan mendapatkan transfer of knowledge yang sangat berharga dari tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman pada kegiatan pengelolaan energi.

"Pada 2021, kami menargetkan membuka 5 program studi strata-2 untuk memberikan wadah yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia untuk menimba ilmu," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4220 seconds (0.1#10.140)