Perusahaan Besar Bangkrut di Indonesia

Rabu, 17 Februari 2016 - 06:06 WIB
Perusahaan Besar Bangkrut di Indonesia
Perusahaan Besar Bangkrut di Indonesia
A A A
BANYAK perusahaan yang tidak mampu bertahan karena salah menangkap peluang pasar atau salah strategi sehingga mengalami kebangkrutan. Kondisi ini dialami beberapa perusahaan di Indonesia.

Berikut perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang mengalami kebangkrutan:

• Ford Motor Indonesia.

Pada awal 2016 secara resmi perusahaan automotif asal Amerika Serikat (AS) Ford Motor Indonesia mengumumkan akan menutup bisnisnya di Indonesia tepatnya pada paruh kedua 2016. Ford Motor Indonesia saat ini memasarkan produk, antara lain city car Fiesta, Focus, compact SUV EcoSport, pick up double cabin Ranger, dan SUV Everest.

• General Motors Indonesia (GMI)

Pabrik milik General Motor Indonesia (GMI) yang memproduksi mobil Chevrolet Spin di Bekasi menghentikan operasinya dan resmi ditutup pada Juni 2015 akibat selalu mengalami kerugian dan tidak mampu bersaing dengan produk lain sejenis. GM Indonesia mengalami kerugian USD4 juta setiap bulannya sejak mulai beroperasi pada 2013, sehingga total kerugian yang dialami GMI hingga 2015 mencapai USD200 juta.

(Baca: Daftar Miliarder yang Jatuh Miskin)

• Bouraq

Kondisi keuangan perusahaan pasca-krisis 1998 membuat kinerja perusahaan semakin berat. Dimulai dari pendiri Bouraq, Jerry Sumendap, meninggal pada pertengahan 1995, membuat maskapai ini dipiloti oleh generasi kedua. Perekonomian Indonesia memasuki krisis moneter 1998, dan Bouraq berupaya terus bertahan dengan berbagai strategi. Meski demikian, toh maskapai ini akhirnya menyerah pada 25 Juli 2005 dan dinyatakan pailit.

(Baca: Faktor-faktor Penyebab Perusahaan Bangkrut)

• Sempati Air

Maskapai ini adalah salah satu maskapai penerbangan nasional, yang sangat ekspansif saat Orde Baru. Namun, ekspansi bisnis berbanding lurus dengan utang yang ditumpuk. Hingga pada saat krisis 1998, utang Sempati menggunung hingga mencapai Rp1,1 triliun kepada 470 perusahaan dan akhirnya dinyatakan bangkrut.

• Batavia Air

Salah satu perusahaan maskapai besar di Indonesia, Batavia Air mengumumkan resmi ditutup pada 2003 akibat pailit. Penyebab bangkrutnya maskapai ini adalah tidak bisa membayar utang karena force majeur.

(Baca: Kasus Kebangkrutan Perusahaan Besar di Dunia)

Batavia Air memiliki utang hampir mencapai Rp2,5 triliun. Salah satu penyebab utang yang besar tersebut disebabkan Batavia Air menyewa pesawat Airbus dari International Lease Finance Corporation (ILFC) untuk angkutan haji. Namun apa daya, mereka tidak mampu melakukan pembayaran.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)