Rizal Ramli Janjikan Tol Kota Bandung Rampung 2018

Senin, 07 Maret 2016 - 22:01 WIB
Rizal Ramli Janjikan Tol Kota Bandung Rampung 2018
Rizal Ramli Janjikan Tol Kota Bandung Rampung 2018
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli menjanjikan pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang melintas di pusat kota Bandung Raya dapat rampung pada 2018. Saat ini, pembebasan lahan yang membuat pembangunan mandek selama 5 tahun terakhir telah diselesaikan.

Rizal mengatakan, jalan tol ‎dalam Kota Bandung tersebut mendesak dibangun karena saat ini kemacetan di Kota Kembang itu sudah semakin parah dan arus transportasi di wilayah tersebut sudah semakin ruwet.

"‎Jadi kita perlu proyek ini dipercepat. Bukan hanya dipercepat. Kalau baru mulai pembangunan 2017, baru selesai 2019," ujarnya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (7/3/2016).

Baca: Rizal Ramli Prediksi Pembangunan Tol Bandung Butuh Rp3,56 Triliun

Karena itu, lanjut dia, untuk merealisasikan penyelesaian pembangunan jalan tol BIUTR tersebut pada 2018, proyeknya harus dikebut sebelum akhir tahun ini. Pihaknya pun akan membantu percepatan tersebut termasuk penyelesaian pinjaman dari Japan International Corporation Agency (JICA).

"Kami minta ini dimulai proyeknya sebelum akhir tahun sehingga dua tahun selesai, akhir 2018. Untuk itu kami minta deputi kami membantu percepat processing dan loan closing dari JICA jepang. Mudah-mudahan bisa selesai," imbuhnya.

Jika pembangunan selesai tepat waktu, lanjut mantan Menko bidang Perekonomian ini, jalan tol sepanjang 27,3 kilometer (km) akan menjadi hadiah dari Walikota Bandung Ridwan Kamil di masa akhir jabatannya. Sebab, jabatan Ridwan Kamil akan berakhir pada 2018.

"‎Kalau Pak Wali Kota selesai 2018, berhenti jadi wali kota ada hadiah untuk rakyat Bandung. Tepat waktu. Tapi yang paling penting bukan hadiah dari wali kota, tapi bagaimana kemacetan di Bandung bisa dikurangi dan lalu lintas di Bandung bisa lebih baik. Terima kasih 13 kementerian tadi untuk bantu menyelesaikan‎," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6721 seconds (0.1#10.140)