Ekonom Prediksi Maret Terjadi Inflasi 0,3%

Kamis, 31 Maret 2016 - 12:14 WIB
Ekonom Prediksi Maret Terjadi Inflasi 0,3%
Ekonom Prediksi Maret Terjadi Inflasi 0,3%
A A A
JAKARTA - Ekonom Bank Central Indonesia (BCA) David Sumual memprediksi bahwa inflasi bulan Maret 2016 akan ada di angka 0,3%. Hal ini sedikit bergeser dari perkiraan Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya yang mengatakan, Maret memungkinan masih bisa deflasi.

Dia menambahkan kemugkinan inflasi ini disebabkan lebih kepada musim panen yang bergeser sedikit di bulan April. Lanjut dia musim panen biasanya sudah terjadi di Maret. "Perkiraannya di angka 0,3% untuk Maret ya. Ini pertama, yang utamanya karena musim panen sedikit bergeser ke April," kata dia kepada Sindonews, Jakarta, Kamis (31/3/2016)

Kedua, kata dia, harga dari beberapa bahan makanan masih cenderung tinggi dikarenakan pada beberapa daerah di Indonesia masih terjadi banjir dan membuat panen sedikit merugi.

"Kita lihat beberapa bahan makanan masih tinggi seperti cabai. Utamanya cabai merah, itu harganya masih mahal. Ini karena masalah distribusi dan cuaca. Karena di beberapa daerah juga terjadi banjir. Jadi kemungkinan para petani agak sedikit merugi," imbuh dia.

Kemudian faktor selanjutnya yakni, kestabilan rupiah yang belum terlalu konsisten mendorong juga terjadinya inflasi di Maret 2016. "Rupiah kita memang stabil ya, tapi belum terlalu konsisten. Sehingga kadang-kadang sedikit melemah meskipun enggak terlalu signifikan," tutup dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2351 seconds (0.1#10.140)