Sudirman Said Resmikan Museum Geopark Batur

Jum'at, 01 April 2016 - 14:47 WIB
Sudirman Said Resmikan Museum Geopark Batur
Sudirman Said Resmikan Museum Geopark Batur
A A A
BANGLI - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said meresmikan Museum Geopark Batur, di Desa Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Meseum taman bumi atau geopark ini diharapkan mampu memuliakan warisan bumi dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Status museum geopark Batur di ambil dari lanskap dua kaldera gunung api Batur sebagai destinasi wisata internasional dan masuk sebagai geopark pertama di Indonesia sebagai Global Geopark Network UNESCO. Keberadaan museum geopark Batur mampu meningkatkan laju sektor pariwisata dan menjadi penggerak ekonomi.

"Kita patut bangga geopark Batur sebagai Global Geopark Network UNESCO. Ini wujud bangsa Indonesia turut melestarikan alam. Indonesia banyak potensi warisan geologi," tutur Sudirman Said saat meresmikan museum geopark Batur di Desa Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (1/4/2016).

Menurut dia, berdirinya museum geopark Batur ditujukan sebagai pusat informasi tentang geopark batur khususnya dan geopark nasional Indonesia pada umumnya. Dengan kata lain, museum geopark Batur diarahkan untuk menjadi center of excellence geopark di Indonesia.

"Keberadaan museum ini diharapkan mampu mendukung upaya konservasi dan keberlanjutan kawasan Gunung Batur dengan tetap melindungi keunikan geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya. Termasuk melalui penataan kawasan agar menjadi daya tarik utama geowisata, budaya dan sejarah yang bertaraf internasional," terangnya.

Dia mengatakan, keberhasilan pengelolaan geopark Batur akan menjadi model bagi kawasan geopark lainnya dalam mengembangkan ekonomi berbasis konservasi. "Peran museum geopark Batur akan menjadi pusat informasi tentang geopark Batur sebagai tempat belajar atau melakukan penelitian," tandas Sudirman.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)