IHSG Diperkirakan Akan Bergerak Tertekan

Selasa, 03 Mei 2016 - 08:23 WIB
IHSG Diperkirakan Akan Bergerak Tertekan
IHSG Diperkirakan Akan Bergerak Tertekan
A A A
JAKARTA - Analis Reliance Securities Lanjar Nafi memperkirakan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih akan mixed dan bergerak dalam keadaan tertekan dengan range pergerakan 4.788-4.880.

Lanjar mengatakan, bila dilihat dari teknikal IHSG break out bullish trend line dan MA50 support level meskipun mampu bertahan pada golden ratio 38,2% dari luas wave penguatan sebelumnya di level 4.800.

"Indikator stochastic pun kembali terkonsolidasi pada area dekat jenuh jual meskipun dengan momentum bearish dari indikator RSI," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Dia menjelaskan, sentimen selanjutnya yakni data indeks harga produksi di Eropa pasca naiknya aktivitas manufaktur di Eropa dan German. Pemberian pinjaman ke Italia menjadi faktor lain yang membuat harga saham emiten perbankan kembali jatu ke level terendah.

Sementara, IHSG kemarin bergerak cukup tertekan sejak awal sesi, meski investor disuguhkan pada fraksi saham baru yang dinilai cukup menguntungkan trader. Lagi-lagi capital outflow menjadi bayangan hitam di mana investor asing kembali tercatat melakukan penjualan bersih sebesar Rp503,91 miliar seiring kurangnya kepercayaan investor terhadap ekonomi Asia dari hasil laporan kuartal I/2016.

Menurutnya, jika dilihat data ekonomi Indonesia cukup baik, dimana indeks aktivitas manufaktur positif mengalami kontraksi dengan ekspetasi dan nilai deflasi yang cukup tinggi secara bulanan.

"Di mana diperkirakan hanya sebesar minus 0,24% namun ternyata rilis dua kali lipat di level -0,45%. Pasca rilisnya data ekonomi pada awal bulan tersebut dinilai dapat menjadi dorongan IHSG di sesi kedua," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2113 seconds (0.1#10.140)