Sothebys Lelang Berlian Merah Muda Langka Rp489 Miliar

Rabu, 11 Mei 2016 - 15:14 WIB
Sothebys Lelang Berlian Merah Muda Langka Rp489 Miliar
Sothebys Lelang Berlian Merah Muda Langka Rp489 Miliar
A A A
JENEWA - Bagi kolektor perhiasan dan batu mulia, perhelatan di Magnificent Jewels and Noble Jewels, Jenewa, Swiss, pada 17 Mei 2016 mendatang merupakan kesempatan yang tidak bisa dilewatkan. Rumah lelang Sotheby’s akan melego salah satu permata paling langka di dunia, yaitu berlian merah muda berukuran 15,38 karat yang dikenal dengan nama Unique Pink.

Gemological Institute of America menilai Unique Pink merupakan jenis fancy vivid pink alias berlian pink yang langka. Karena kurang dari lima persen berlian berwarna dominan merah muda. Batu ini juga diklasifikasikan sebagai tipe Ila, merupakan jenis paling murni kimiawi berlian karena tidak adanya nitrogen.

Kepala Divisi Perhiasan Sotheby’s International, David Bennett mengatakan, Unique Pink merupakan jenis berlian vivid pink alias tingkat berlian pink paling tinggi.

“Warnanya sangat kuat. Ini sangat langka. Bahkan berlian ini merupakan berlian pink tunggal terbesar yang pernah dilelang,” ujarnya seperti dilansir The Telegraph, Selasa (10/5/2016).

Menurut Sotheby’s, penemuan berlian pink tidak sering terjadi. Karena kelangkaannya, Sotheby’s melelang Unique Pink antara USD28 juta-USD38 juta ekuivalen Rp372 miliar-Rp489 miliar (estimasi kurs 13.280 per dolar AS).

Menurut Bennet, umumnya berlian pink harganya mencapai USD2 juta per karat di pelelangan. Kelangkaan ini pula yang berkontribusi terhadap tingginya perkiraan harga Unique Pink.

Berlian 15,38 karat ini dipotong oleh Cora International, sebuah perusahaan terkemuka yang memproduksi berlian langka ukuran besar dan warna fancy yang hidup. Tugas memotong dan polishing Kristal kasar ini memakan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan warna secara maksimal. Dan hanya sedikit pemotong di dunia yang bisa mengambil tantangan ini.

Sotheby’s berharap pelelangan Unique Pink akan mengulang sukses dari Pink Star, berlian merah muda yang terjual USD83 juta sekitar Rp962 miliar pada dua tahun silam.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5124 seconds (0.1#10.140)