KEIN Klaim Ekonomi Indonesia Masih Jauh dari Resesi

Rabu, 01 Juni 2016 - 21:21 WIB
KEIN Klaim Ekonomi Indonesia Masih Jauh dari Resesi
KEIN Klaim Ekonomi Indonesia Masih Jauh dari Resesi
A A A
JAKARTA - Komite‎ Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengklaim bahwa perekonomian Indonesia saat ini masih jauh dari arah resesi. Pasalnya, sejauh ini Produk Domestik Bruto (PDB) masih menunjukkan pertumbuhan.

‎Wakil Ketua KEIN, Arif Budimanta menjelaskan, resesi sendiri secara konsep digambarkan dimana indikator PDB tidak menunjukkan pergerakan menurun ataupun negatif selama dua kuartal hingga satu tahun. Sementara kondisi saat ini, masih jauh lebih baik dibanding krisis pada 2008-2009.

"‎Kalau kita lihat perekonomian Indonesia, kita bandingkan keadaan 2008-2009 dengan 2014-2015, dan kita tau shock ekonomi global terjadi pada periode tersebut. Kalau pada level 2008-2009 penurunannya tajam," katanya di Kantor KEIN, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Menurutnya, perekonomian Indonesia meskipun sempat melambat namun kini cenderung mengalami peningkatan. Perlambatan itu pun tidak hanya dirasakan Indonesia tetapi sejalan dengan perlambatan pertumbuhan negara di dunia.

"Jadi apakah resesi terjadi? Kami katakan tidak. Karena kita masih growth dari waktu ke waktu. Bahkan kecenderungan terhadap growth dari kuartal I 2016 dibanding kuartal I 2015 itu jauh lebih tinggi. Apalagi kemudian tren growth secara keseluruhan meningkat," imbuh dia.

(Baca: Utang Pemerintah Tembus Rp3.429 Triliun Dibilang Masih Aman)

Selain itu, sambung mantan anggota DPR RI ini, kondisi fundamental ekonomi‎ Indonesia saat ini masih jauh lebih baik dibanding krisis 2008-2009. Indonesia, dikatakannya, sangat jauh dari kondisi kritis. Bahkan, inflasi pun dari waktu ke waktu terlihat lebih baik pengendaliannya.

"‎2014 memang terjadi inflasi yang cukup tinggi karena pada waktu itu kita melakukan proses transformasi belanja dari nonproduktif jadi lebih produktif, seperti subsidi BBM. Tetapi kemudian‎ inflasi pada level minimal dan lebih rendah," terangnya.

(Baca: Saran KEIN Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi RI)

Tak hanya itu, kinerja harga dan imbal hasil (yeild) terhadap surat utang negara (SUN) saat ini pun relatif lebih rendah dari yang lain. BI rate juga terus mengalami penurunan meski masih terbilang tinggi, terlebih mulai Agustus 2016 suku bunga acuan berubah menjadi 7 days repo rate.

"‎Cadangan devisa juga relatif lebih baik. Angka kemiskinan juga menurun. Artinya pertumbuhan ekonomi kita secara keseluruhan, elastisitas produktivitasnya terjaga. Kualitasnya juga relatif terjaga. Tapi memang masih perlu untuk kita tingkatkan. Karena memang masih belum begitu sesuai dengan harapan‎," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6304 seconds (0.1#10.140)