Pulihkan Gizi Buruk, Pertamina Resmikan Program Pertamina SEHATI

Kamis, 02 Juni 2016 - 17:52 WIB
Pulihkan Gizi Buruk, Pertamina Resmikan Program Pertamina SEHATI
Pulihkan Gizi Buruk, Pertamina Resmikan Program Pertamina SEHATI
A A A
SORONG - Pertamina Refinery Unit VII Kasim menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan warga area Ring I Refinery Unit VII - Kasim, Distrik Seget, Sorong, Papua Barat dengan peresmian pembukaan program kesehatan Pertamina SEHATI.

Pembukaan program Pertamina SEHATI dilakukan oleh General Manager RU VII Kasim I Gusti Bagus Prihanta dan dihadiri oleh dihadiri oleh bupati/mewakili, Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong. Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong serta Muspika setempat. Tidak ketinggalan, warga kampung Klayas beserta putra/putri balita yang merupakan area terdekat RU VII - Kasim.

Program ini hadir di Distrik Seget seiring masih terdapatnya permasalahan kesehatan balita terutama kasus gizi buruk, gizi kurang dan masih terdapat kematian bayi akibat permasalahan gizi. Faktor budaya, ekonomi, ketersediaan infrastruktur, dan akses transportasi menjadi penyebab utamanya.

Dengan sasaran utama yaitu 37 balita gizi kurang, 3 balita gizi buruk, 53 ibu hamil, 34 bufas dan 309 lansia di Distrik Seget, Pertamina bekerja sama dengan Puskesmas Distrik Seget yang tim nya terdiri dari dokter, bidan, perawat, dan petugas medis lainnya. Program Pertamina Sehati diharapkan dapat menghilangkan kasus gizi kurang, gizi buruk, berusaha mencegah kematian bayi akibat permasalahan gizi, serta dapat meningkatkan kesehatan masyarakat seluruhnya, terutama para ibu dan lansia.

”Dengan adanya Pertamina Sehati diharapkan dapat tercapai suatu kondisi kesehatan masyarakat yang sehat ditandai dengan adanya penduduk yang berprilaku hidup bersih dan sehat,” jelas I Gusti dalam acara tersebut.

Pelaksanaan program akan berjalan selama satu tahun dan akan terus berlangsung hingga tujuan program tercapai. Yakni meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat yang ditandai dengan terciptanya masyarakat yang memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat secara menyeluruh.

Pertamina SEHATI Distrik Seget meliputi Kampung Klayas, Malabam, Wasingsang, Pulau Kasim, Seget, Wayankede, Wawenagu, dan Kasimle. Kawasan ini merupakan area terdekat Refinery Unit VII Kasim.

Pertamina SEHATI sendiri adalah salah satu program ikonik CSR Pertamina yang bertujuan utama untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak khususnya dan mempromosikan kesehatan bagi masyarakat pada umumnya.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3520 seconds (0.1#10.140)