Arianespace Tunda Peluncuran BRIsat

Selasa, 07 Juni 2016 - 21:03 WIB
Arianespace Tunda Peluncuran BRIsat
Arianespace Tunda Peluncuran BRIsat
A A A
JAKARTA - Arianespace mengumumkan penundaan peluncuran BRIsat dalam misi VA 230 yang dijadwalkan pada 8 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana, Prancis, Amerika Selatan, atau 9 Juni dini hari waktu Indonesia. Penundaan peluncuran satelit BRI ini terjadi karena terdapat anomali pada satu fluid connector roket peluncur.

Arianespace menjelaskan satelit yang akan diluncurkan, BRIsat, berada dalam kondisi aman dan status stand-by. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau Bank BRI dapat memahami keputusan penundaan dari Arianespace yang sudah melewati perhitungan matang, sehingga peluncuran BRISat akan berlangsung sukses.

Terkait hal ini, Bank BRI akan terus memantau perkembangan yang dilakukan Arianespace, sampai BRIsat siap diluncurkan, serta menginformasikannya kepada publik. Karena peluncuran dan kehadiran BRIsat adalah untuk melayani negeri. Untuk jadwal baru peluncuran, Arianespace akan mengumumkan dalam waktu secepatnya.

Direktur Utama Bank BRI, Asmawi Syam mengemukakan, pada prinsipnya perseroan berharap peluncuran BRIsat berjalan sukses. Namun apabila ada penundaan, apalagi terkait faktor keamanan peluncuran pihaknya dapat memahami. Karena ini terkait dengan mitigasi risiko yang mereka lakukan.

“Tentunya Arianespace sebagai salah satu perusahaan peluncur terbesar di dunia akan selalu menjaga reputasi. Untuk itu, kami serahkan pada pertimbangan Arianespace kapan BRIsat siap untuk diluncurkan. Kami tetap memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar pengecekan final dapat diselesaikan dalam waktu dekat, sehingga BRIsat dapat segera diluncurkan,” ujar Asmawi dalam siaran persnya, Selasa (7/6/2016).

Sekretaris Perusahaan Bank BRI, Hari Siaga menambahkan, pengumuman ini merupakan bentuk keterbukaan dan profesionalisme perusahaan yang dipilih oleh perusahaan. Meskipun penundaan dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan namun dipastikan satelit dalam kondisi aman.

“Gangguan terjadi pada roket peluncur, bukan pada satelit. Tahapan peluncuran telah dilakuan dengan baik. Hal ini justru sebuah bentuk transparansi dan profesional seluruh pihak yang dipilih oleh Bank BRI dalam bekerja sama. Dalam prosesnya, mitigasi risiko sudah dilakukan dengan baik,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7077 seconds (0.1#10.140)