Beroperasi Pekan Depan, Terminal 3 Ultimate Layani 5 Destinasi

Selasa, 14 Juni 2016 - 10:37 WIB
Beroperasi Pekan Depan, Terminal 3 Ultimate Layani 5 Destinasi
Beroperasi Pekan Depan, Terminal 3 Ultimate Layani 5 Destinasi
A A A
TANGERANG - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memastikan siap mengoperasikan Terminal 3 Ultimate pada 20 Juni 2016, meski hingga saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum mengeluarkan izin operasi terminal baru tersebut. Pada awal pengoperasian, Terminal 3 Ultimate hanya akan melayani lima destinasi penerbangan.

(Baca: Digadang Bakal Saingi Changi, Ini Penampakan Terminal 3 Ultimate)

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, yang akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 kapasitasnya tidak lebih dari 10%. Dari diskusi dengan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, perseroan hanya akan mengoperasikan lima tujuan destinasi.

"Kami akan usulkan ke Kemenhub proses penggunaan bandara ini bertahap. Yang akan direncanakan pada 20 Juni 2016 itu operasi yang kapasitasnya tidak lebih dari 10%. Sementara ini, dalam diskusi dengan Garuda, kita akan melakukan paling banyak lima tujuan destinasi," katanya di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Senin (13/6/2016) malam.

Budi menyebutkan, rute penerbangan yang akan dibuka pada 20 Juni 2016 hanya untuk tujuan domestik, di antaranya untuk wilayah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Sementara untuk wilayah Bali, dipastikan belum akan menggunakan Terminal 3 Ultimate mengingat kompleksitas rute tersebut dengan rute internasional.

"‎Dari diskusi dengan Garuda, Denpasar itu ada kompleksitasnya dengan internasional dan mutasi ke penerbangan lain. Jadi dihindari. Karena memang kita belum," imbuh dia.

(Baca: Ini Catatan Kemenhub yang Harus Dipenuhi Terminal 3 Ultimate)

Selain Bali, rute yang belum akan menggunakan Terminal 3 Ultimate adalah Sulawesi. Karena, wilayah tersebut juga dinilai menjadi rute yang kompleks sehingga masih dihindari untuk dibuka pengoperasiannya.

‎"Sulawesi itu complicated, karena yang namanya Ujung Pandang itu cabangnya kemana-mana. Jadi kalau kita ngomong Ujung Pandang, belum tentu Ujung Pandang, bisa Manado dan sebagainya," tandas Budi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.0972 seconds (0.1#10.140)