Jokowi Minta Pertamina dan PLN Kembangkan UKM

Senin, 27 Juni 2016 - 15:26 WIB
Jokowi Minta Pertamina dan PLN Kembangkan UKM
Jokowi Minta Pertamina dan PLN Kembangkan UKM
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyarankan agar perusahaan plat merah seperti PT Pertamina dan PT PLN melahirkan ekonomi berbasis usaha kecil dan menengah (UKM).

"Misalnya apa, PLN ada mikrohydro, ada transmisi‎. Di Pertamina juga diminta oleh Presiden segera identifikasi apa saja usaha yang bisa dilaksanakan UKM," tutur Darmin di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Darmin menjelaskan, pengembangan bisnis UKM juga diminta dibuat aturan jelas, termasuk masalah standardisasinya agar proses perizinan tak berlarut-larut. "Tetapi kemudian diperlukan informasi yang terbuka dengan jelas," ujarnya.

Darmin mengatakan, masalah yang kerap muncul dalam pengembangan ekonomi berbasis UKM biasanya terletak pada kebutuhan informasi yang kurang tersampaikan. Sehingga, banyak pihak yang kurang mengakses.

Dia berharap dalam waktu dekat sektor ekonomi berbasis kerakyatan tersebut segera direalisasikan dengan produk-produk yang dihasilkan dari tangan masyarakat.

"Sehingga, menciptakan lapangan kerja yang jumlahnya tergantung kegiatannya seberapa besar, kemudian melahirkan daya beli masyarakat," tandas Darmin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6121 seconds (0.1#10.140)