Pesan Sudirman Said untuk Arcandra Tahar

Rabu, 27 Juli 2016 - 21:01 WIB
Pesan Sudirman Said untuk Arcandra Tahar
Pesan Sudirman Said untuk Arcandra Tahar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan perombakan kabinet (reshuffle) termasuk menggeser Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) . Dalam acara serah terima jabatan, Sudirman memberikan beberapa pesan kepada Arcandra Tahar.

Dia meminta Arcandra untuk melanjutkan reformasi birokrasi dan penataan di sektor energi dan sumber daya mineral. Menurut Sudirman, dalam reformasi birokrasi pada hakikatnya ada tiga hal. Di antaranya, membangun fondasi yang kuat dengan meninggalkan praktik-praktik yang tidak etis guna mengejar ketertinggalan membangun sektor energi.

“Setiap perubahan adalah jalan perbaikan. Saya yakin pengganti saya sudah dipertimbangkan dan insya Allah mempercepat penataan di sektor energi,” ujarnya, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (27/7/2019).

Dia mengaku legowo dengan keputusan presiden. Dia menilai terima kasih kepada masyarakat dan stakeholder yang selama ini telah mendukungnya menjalankan amanah sebagai Menteri ESDM dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Tidak lupa Sudirman menyampaikan terima kasih kepada segenap pekerja di lingkungan Kementerian ESDM.

“Saya terima kasih kepada masyarakat, DPR, dan kementerian lain yang selama ini telah berjalan dengan baik. Setiap puncak pasti ada jalan turun. Saya mengingatkan setiap jalan turun harus disiapkan integritas, harga diri dan menajaga kehormatan,” tuturnya.

Dia yakin penggantinya mampu meneruskan kebijakan reformasi birokrasi yang telah dirintisnya. Di mata Sudirman, Arcandra merupakan sosok profesional dengan latar belakang perminyakan.

Archandra sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur Petroneering Houston sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan di Texas, Amerika. Pria lulusan Instititute Teknologi Bandung ini juga pernah menjadi Asisten Peneliti Offshore Technology Research Center pada 1997-2001 dan tercatat sebagai pemilik tiga hak paten yang berkaitan dengan offshore salah satunya adalah teknologi McT (Multi Column TLP) Floating Platform

Hal ini menjadi bagi Arcandra kembali ke Indonesia untuk mengemban jabatan baru sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Pak Archandra punya background yang solid di bidang perminyakan dan gas. Pasti beliau akan melihat platform yang akan diteruskan dan semua orang profesional pasti melihat apa yang baik diteruskan dan apa yang kurang baik diperbaiki. Dan, itu pasti menjadi pilihan sikap beliau,” kata Sudirman.

Pakar energi Pri Agung Rakhmanto berharap Archandra mampu meneruskan kebijakan yang telah di rintis Sudirman Said. Masalah utama di sektor energi yang perlu dilanjutkan, antara lain peningkatan rasio elektrifikasi dengan menuntaskan program kelistrikan 35.000 MW dan mengairahkan kembali sektor hulu migas.

“Tugas utama ialah konsistensi kebijakan yang telah dijalankan sebelumnya. Masalah energi dari dulu begitu saja. Implementasi perencanaan jangka panjang harus terus dijaga,” kata Pri Agung.

Dia juga berpesan supaya Archandra mampu secepatnya beradaptasi dengan lingkungan di sektor ESDM karena penting dalam hal menarik investasi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5759 seconds (0.1#10.140)