Cara PLN Peringati Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2016 - 09:05 WIB
Cara PLN Peringati Kemerdekaan Indonesia
Cara PLN Peringati Kemerdekaan Indonesia
A A A
JAKARTA - Beragam cara dilakukan seluruh komponen bangsa ini untuk merayakan HUT ke-71 Kemerdekaan Indonesia, termasuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Sebagai salah satu BUMN, PLN ingin mewujudkan sinergi BUMN membangun negeri. Adapun program BUMN Hadir untuk Negeri diselenggarakan serentak di 34 provinsi di Tanah Air.

PLN dalam hal ini menjadi tuan rumah seluruh kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di DKI Jakarta bersama PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan PT Balai Pustaka.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir diberikan kepercayaan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 di Kementerian BUMN, Jakarta (17/8/2016). Pada kesempatan tersebut Sofyan Basir menyatakan bahwa pelaksanaan upacara HUT RI bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga Indonesia ditengah keragaman budaya dan bangsa yang dimiliki.

“Program BUMN Hadir untuk Negeri bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat dan menyemarakkan semangat kemerdekaan, serta wujud nyata peran BUMN di masyarakat,” tutur Sofyan, Rabu (17/8/2016).

Menurutnya, adanya BUMN Hadir untuk Negeri diharapkan dapat memberikan pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung.

Pada upacara peringatan HUT RI ke-71 tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis Program Pemberdayaan Masyarakat, antara lain pembinaan mantan narapidana; pembinaan mantan Atlet nasional; program bedah rumah Veteran; serta pembinaan kawasan, pembangunan MCK dan air bersih.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, PLN bersama ketiga BUMN lainnya telah berhasil menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengajak para siswa dan guru teladan dari Kalimantan Selatan mengenal budaya Jakarta serta proses bisnis BUMN Indonesia pada 8 Agustus 2016 sampai dengan 15 Agustus 2016.

Tidak hanya itu, PLN juga telah sukses menyelenggarakan Jalan Sehat 5 KM minggu lalu (14/8) yang diikuti oleh 12.000 partisipan beserta Menteri BUMN dan jajaran direksi BUMN yang ada di Jakarta dan sekitarnya.PLN juga menerapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti pembinaan enam mantan narapidana yang mendapat remisi pada saat HUT RI dengan memberikan mereka pelatihan keterampilan, pemberian peralatan dan modal usaha, dan mengarahkan mereka berwiraswasta.

Selain itu, tujuh atlet nasional diberikan bantuan pelatihan terkait pengembangan keahlian, pengembangan usaha dengan anggaran maksimum sebesar Rp 100.000.000. Di samping itu, sebanyak 71 rumah veteran yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi akan direnovasi dengan total anggaran sebesar Rp2,84 miliar.

PLN juga akan menyediakan air bersih dan membangun mandi cuci kakus (MCK) di Kelurahan Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Cibubur dan Ciracas yang bekerjasama dengan Masyarakat Peduli Ciliwung serta Rukun Warga (RW) setempat. Tidak berhenti sampai di sana, akan segera dibangun tempat penitipan anak di Pasar Tradisional di Jakarta yang mulai dilaksanakan pada Agustus hingga Desember 2016.

Selepas dari kegiatan upacara peringatan HUT RI ke-71, dilaksanakan pula perayaan lomba tradisional dengan tajuk Pesta Rakyat BUMN 2016 yang mengajak pegawai dan keluarga pegawai BUMN serta warga Jakarta untuk mengikuti lomba 17 Agustus-an di Lapangan Banteng, Jakarta dan pada 18 Agustus 2016 akan dibuka Pasar Murah yang dilaksanakan di Teluk Gong, Kelurahan Pejagalan, Jakarta dengan membagikan sebanyak 1.800 paket sembako.

Momen peringatan kemerdekaan ini juga dimanfaatkan PLN untuk berkoordinasi dengan BUMN lain untuk melistriki 16 daerah melalui Program Elektrifikasi Daerah yang Belum Terlistriki. Keenam belas daerah tersebut adalah Brebes, Banggai, Banten, Banyuwangi, Bukittingi, Fakfak-Sorong, Garut, Indramayu-Cirebon, Nunukan, Berau, Kupang, Manokwari, Merauke, Pulau Lemon-Manokwari, Jayapura dan Wonosobo.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5413 seconds (0.1#10.140)