Pertamina Jajaki Pasar Pelumas Industri Tambang

Kamis, 20 Oktober 2016 - 21:09 WIB
Pertamina Jajaki Pasar Pelumas Industri Tambang
Pertamina Jajaki Pasar Pelumas Industri Tambang
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Lubricants saat ini tengah menjajaki pasar pelumas hidrolik untuk industri pertambangan. Produk pelumas terbaru dengan nama Turalik HE Series tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba.

“Saat ini produk terbaru kami masih dalam tahap uji coba. Kami optimistis produk tersebut dapat diterima khususnya di industri tambang,” ujar Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants Andria Nusa saat konferensi pers di ajang Jakarta International Logistic Summit & Expo di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Menurut dia produk terbarunya itu ditawarkan untuk segmen industri tambang dengan beberapa keunggulan. Di antaranya lebih efisien dan ramah lingkungan sesuai formulasi kerja sama antara Pertamina Lubricants dengan Evonik Indonesia.

“Perpaduan cairan pelumas dengan teknologi Dynavis yang dihasilkan oleh Evonik yaitu efisiensi dan pengurangan emisi menjadi kelebihan dari produk ini. Sehingga kami sepakat bekerjasama memberikan produk berkualitas terutama bagi sektor pertambangan,” kata dia.

Dia juga mengatakan bahwa selain Turalic HE Series, pelumas Pertamina sudah digunakan untuk kegiatan industri lain di luar pertambangan. Bahkan telah digunakan sebagai bahan pelumas menggerakkan turbin dalam proyek pembangkit listrik 35.000 megawatt.

“Pelumas kita sudah banyak digunakan untuk menggerakan turbin proyek pembangkit listrik. Sementara untuk market share sekitar 20-30% industri nasional sudah menggunakan pelumas Pertamina,” kata dia.

Lebih lanjut dia menargetkan, volume penjualan Turalic HE Series tahun ini mencapai 50.000 liter. Sedangkan tahun depan ditargetkan mencapai 250.000 liter. “Proyeksi volume terjual kami hitung berdasarkan observasi pasar. Kerena pelumas ini terbilang khusus untuk menggerakan turbin hidrolik alat berat industri tambang,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama Manajer Direktur Evonik Indonesia Kamuludin juga optimistis Turalik HE Series mampu bersaing dipasaran dengan keunggulan lebih efisien dan ramah lingkungan. Kerja sama teknologi yang dihasilkan Evonik untuk pelumas Pertamina merupakan langkah nyata ke depan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di sektor industri.

“Dengan kombinasi base oil premium dan zat aditif yang tepat yang dihasilkan oleh teknologi Dynavis, Turalik HE Series mampu membuktkan produktivitas kerja pelumas yang lebih baik, efisien dan ramah lingkungan,” pungkas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4516 seconds (0.1#10.140)