Positioning dalam Metode Marketing

Selasa, 15 November 2016 - 07:00 WIB
Positioning dalam Metode Marketing
Positioning dalam Metode Marketing
A A A
Dr Rudolf Tjandra
C Level Executive with Indonesia's Leading FMCG Company

POSITIONING adalah metode dalam marketing untuk membentuk persepsi suatu produk, merek, atau identitas perusahaan. Di mulai dari Jack Trout dan Al Ries, sebuah konsep dasar dalam komunikasi yang mereka sebut sebagai Positioning hadir dan terus berkembang.

Kini semua marketer paling tidak sudah pernah mendengar pentingnya memposisikan manfaat keseluruhan: atribut produk dan nilai emosional yang terkandung di dalam sebuah merek dalam berkompetisi.

Banyak di antara kita sering salah mengerti dan mengira positioning adalah sekadar menyampaikan apa yang dikandung dalam sebuah produk. Mereka berlomba-lomba memposisikan produk dengan menonjolkan ”kualitas”, rasa, dan kegunaan.

Hal ini tepat dilakukan apabila Anda sedang memasarkan produk yang novel, yang merupakan inovasi yang unik dan belum ada duanya di pasar. Atau Anda sedang memperkenalkan produk/servis yang belum pernah ada sebelumnya, misalnya mobil yang dapat pula berfungsi sebagai pesawat atau komputer tablet pertama dan mungkin termurah di dunia.

Konsumen tidak membeli produk hanya untuk mendapatkan utilitas dari atribut produk tersebut tetapi apa yang terkandung di dalam sebuah merek: brand promise, personality, attitude.

Positioning adalah apa yang Anda lakukan untuk pikiran dari si calon pelanggan. Ya itu, Anda menempatkan merek di benak potensial konsumen.

Positioning adalah sebuah teknik bagi si pemasar yang mencoba membentuk sebuah image, identitas sebuah produk, merek atau perusahaan dengan membentuk persepsi sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen. Yang terpenting adalah bagaimana konsumen mempersepsikan sebuah merek dan semua janji yang terkandung di dalamnya relatif dengan apa yang ditawarkan kompetitor.

Prinsip dasar dari positioning dapat dibedakan menjadi tiga bagian. Pertama fungsional, yang menawarkan pemecahan masalah, memberikan manfaat kepada konsumen. Kedua simbolis, yang mendukung meningkatkan image diri, identifikasi ego, kepemilikan dan arti sosial, kecenderungan pemenuhan.

Dan yang terakhir adalah pengalaman yaitu memberikan sensor stimulasi, memberikan stimulasi secara kognitif. Belakangan tiga variasi baru dari positioning telah diperkenalkan untuk melawan pola life cycle merek dan sekaligus mengubah bagaimana para konsumen memahami mereka dengan positioning dan re-positioning dengan secara berkala dan tiba-tiba.

Tiga strategi positioning yang digunakan para pemasar untuk mengubah mental konsumen, adalah kebalikan (reverse), memisahkan (breakaway), dan positioning secara diam-diam.

Sebagai marketer sering dengan membicarakan hal yang basic secara berkala kita dapat terus mempertajam kemampuan untuk berpikir dan bertindak dengan lebih kreatif dalam.

Kita dapat pula dengan lebih luwes memberikan penjelasan kepada rekan-rekan kita di fungsi non-marketing tentang apa yang kita lakukan. Mudah-mudahan tulisan ini paling tidak berhasil mencapai tujuan tersebut.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6098 seconds (0.1#10.140)