Sri Mulyani: BI 7-Day Repo Rate Ditahan Tindakan Tepat

Jum'at, 18 November 2016 - 14:24 WIB
Sri Mulyani: BI 7-Day Repo Rate Ditahan Tindakan Tepat
Sri Mulyani: BI 7-Day Repo Rate Ditahan Tindakan Tepat
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, keputusan Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate tindakan tepat. Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI kemarin, diputuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate di level 4,75%.

Dia mengatakan, keputusan otoritas moneter untuk mempertahankan suku bunga acuannya karena mempertimbangkan banyak hal. Di antaranya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) serta situasi ekonomi dalam beberapa waktu belakangan.

"Dari sisi permintaan rupiah kita, kemudian apa yang terjadi pada minggu terakhir, kemudian dampaknya pada kebijakan moneter hari ini hingga ke depannya," kata dia di Kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2016) malam.

Menurutnya, keputusan tersebut telah menggambarkan suatu kombinasi di mana satu sisi BI mempertahankan tingkat inflasi pada level rendah, dan di sisi lain stabilitas nilai tukar mata uang garuda tetap terjaga.

"Karena dengan nilai tukar yang baik juga akan menjaga inflasi kita tetap rendah. Dan itu kombinasi pada level di mana kita masih memiliki space untuk bisa ekspansi dari kredit atau perbankan," tandas Sri Mulyani.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5372 seconds (0.1#10.140)