BTN Tingkatkan Potensi Pariwisata untuk Kembangkan Ekonomi

Senin, 21 November 2016 - 11:37 WIB
BTN Tingkatkan Potensi Pariwisata untuk Kembangkan Ekonomi
BTN Tingkatkan Potensi Pariwisata untuk Kembangkan Ekonomi
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjadi pendukung utama dalam BTN Tour de Borobudur (BTNTDB) XVI 2016 sebagai bentuk dukungan terhadap industri pariwisata nasional, khusus Provinsi Jawa Tengah. Hal ini tak lepas dari pengembangan ekonomi di daerah dari sektor pariwisata.

Perhelatan olah raga sekaligus memperkenalkan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi balap sepeda BTN Tour de Borobudur ini diharapkan memberikan dampak ganda terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

Acara BTN Tour de Borobudur dibuka oleh Direktur Utama Bank BTN Maryono bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di halaman depan gedung Gubernur Jateng. Tour de Borobudur merupakan event sepeda tahunan yang rutin dilaksanakan di Provinsi Jateng.

Ajang BTN Tour de Borobudur merupakan ajang ke 16 yang sukses digelar Pemprov Jateng. BTN TDB diikuti lebih dari 2.450 pesepeda yang mengikuti tiga kategori, yakni kelas A dengan rute sepanjang 275 Km selama 2 hari, kemudian kelas B sepanjang 90 Km dan kelas C sepanjang 37 Km.

BTN Tour de Borobudur dirancang melewati sejumlah destinasi wisata di Jateng, seperti Candi Prambanan, Rawa Pening, Kopeng dan tentu Candi Borobudur sebagai destinasi terakhir pada puncak acara tersebut.

"Dengan rute yang ada, peserta tidak hanya sekadar menikmati pemandangan alam, tapi juga mendapatkan pengalaman wisata lain, seperti kuliner, dan budaya yang menjadi kekayaan wisata tiap daerah," kata Maryono dalam rilisnya, Senin (21/11/2016).

Alhasil, masyarakat di sekitar rute BTN Tour de Borobudur baik di Solo, Semarang, maupun Magelang bisa ikut dilibatkan, mulai dari penyewaan penginapan, wisata kuliner, kerajinan tangan, dan sebagainya.

"Kegiatan ekonomi masyarakat sekitar ikut berkembang dengan kehadiran BTN Tour de Borobudur," kata dia.

Peran Bank BTN dalam program pariwisata tidak hanya lewat event BTN TDB XVI, namun juga dalam program percepatan pengembangan 10 destinasi wisata yang dicanangkan pemerintah. Salah satu kontribusinya adalah Bank BTN berkomitmen mengucurkan pembiayaan ke sektor perhotelan pariwisata.

"Kami fokus pada pembiayaan homestay yang dikelola masyarakat atau komunitas di 10 destinasi wisata prioritas. Dana pinjaman tersebut bisa digunakan untuk konstruksi, revitalisasi atau pembelian properti," katanya.

Bank BTN yang hadir 66 tahun di Indonesia selalu memberikan produk perbankan pilihan bagi masyarakat, tidak hanya kredit pemilikan rumah (KPR) yang sudah lama dikenal, tapi juga beragam solusi digital perbankan.

Dalam BTN TDB XVI, para peserta merasakan langsung manfaat dari tabungan Bank BTN dan Digital Solution yang diberikan BTN. Misalnya, pembukaan rekening secara online, transfer lewat mobile Banking maupun internet banking dan menikmati transaksi yang mudah dengan kartu B-Link, uang elektronik untuk berbelanja di arena BTN Tour de Borobudur.

Semua peserta BTN Tour de Borobudur berhasil finish akan mendapatkan hadiah tanpa diundi berupa Tabungan SERBU (Serba Untung) BTN senilai Rp200.000.

Program SERBU merupakan program tabungan berhadiah rumah dan mobil mewah dari tabungan Batara. Khusus bagi 500 peserta pertama yang berhasil masuk garis finish, tidak hanya meraih tabungan SERBU, tapi juga berhak mendapatkan kartu BTN Blink gratis dengan saldo Rp50.000, yang akan diaktivasi di booth Digital Solution Bank BTN.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6293 seconds (0.1#10.140)