HT Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Taiwan

Selasa, 13 Desember 2016 - 06:01 WIB
HT Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Taiwan
HT Dorong Peningkatan Kerja Sama Perdagangan Indonesia-Taiwan
A A A
TAIPEI - Kerja sama sektor perdagangan yang selama ini telah terjalin dengan baik antara Taiwan dengan Indonesia harus lebih ditingkatkan untuk kemajuan kedua negara. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT).

“Kita pererat dan tingkatkan hubungan dagang antara Taiwan dan Indonesia,” ujar HT, saat berdialog dengan President Legislative Yuan Republic of China Su Jia-Chyuan, di Taipei, Taiwan, Senin (12/12/2016).

Seperti diketahui, Indonesia dan Taiwan adalah mitra strategis perdagangan. Berdasarkan data Kementerian Perdagangan ekspor Indonesia ke Taiwan pada tahun lalu sebesar USD5,05 miliar atau sekitar Rp67 triliun.

Sementara Januari hingga September 2016 nilai ekpor Indonesia ke Taiwan mencapai USD2,71 miliar atau turun sekitar 33,87% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Untuk meningkatkan aktivitas perdagangan HT menyatakan siap membantu. Di antaranya melalui media MNC Group yang dipimpinnya. Melalui media masyarakat Indonesia bisa melihat peluang-peluang bisnis, termasuk perdagangan dari Indonesia ke Taiwan. Sebaliknya masyarakat Taiwan bisa melihat peluang bisnis atau peluang investasi di Indonesia.

Group Chairman and CEO MNC Group ini menuturkan Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk berinvestasi. Saat ini, Indonesia memiliki jumlah penduduk sebanyak 250 juta orang, tiap dua tahun penduduk tumbuh sekitar 5 juta orang dengan mayoritas anak muda. Ekonomi pun bertumbuh 5% tiap tahunnya.

“Bila Indonesia bisa tumbuh 7% per tahun, ekonomi Indonesia akan mencapai USD3 triliun sebelum tahun 2030,” tegas HT.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM) mencatat investasi Taiwan tahun lalu mencapai USD108 juta. Pada lima tahun terakhir realisasi investasi Taiwan berkisar USD1,6 miliar.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4852 seconds (0.1#10.140)