Tanah Bergeser, Pilar Jembatan Cisomang Terus Diperkuat

Minggu, 01 Januari 2017 - 16:58 WIB
Tanah Bergeser, Pilar Jembatan Cisomang Terus Diperkuat
Tanah Bergeser, Pilar Jembatan Cisomang Terus Diperkuat
A A A
PURWAKARTA - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) terus memperkuat pilar jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi akibat dari tanah yang bergeser di bawahnya.

AVP Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, pekerjaan perkuatan pilar dilanjutkan dengan wrapping menggunakan material Fiber Reinforced Polymer (FRP). Ini sudah terpasang di pilar P0 dan saat ini sedang dipersiapkan pemasangan FRP di pilar P1 dan P2.

Selain itu, Jasa Marga juga sedang menyiapkan pekerjaan strutting, yaitu memasang rangka baja yang menghubungkan dasar pilar P2 dan P3.

"Strutting P2 dan P3 pilot cap hubungkan rangka baja dan boredpile di P1 dan P2, kita sedang bangun jalan kerja, sudah selesai satu dua hari, material sudah masuk," ujarnya di Purwakarta, Minggu (1/1/2017).

Selain itu, dia menjelaskan, Jasa Marga juga melakukan pengerjaan rekayasa di sungai Cisomang supaya alirannya menyerap ke bawah jembatan.

"Serta pekerjaan rekayasa sungai Cisomang yang mengalir di antara pilar P2 dan P3 untuk mencegah aliran air sungai meresap ke bawah pondasi jembatan," katanya.

Sementara, untuk pekerjaan pemasangan boredpile disebutkannya Jasa Marga saat ini sedang menyiapkan jalan kerja. "Dalam beberapa hari ke depan alat bor dan material pondasi boredpile akan dimobilisasi ke lokasi pekerjaan," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6920 seconds (0.1#10.140)