Pemerintah dan BI Gelar Rapat Pengendalian Inflasi

Rabu, 25 Januari 2017 - 14:11 WIB
Pemerintah dan BI Gelar Rapat Pengendalian Inflasi
Pemerintah dan BI Gelar Rapat Pengendalian Inflasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) hari ini menggelar rapat koordinasi guna mengendalikan inflasi pada tahun 2017. Pertemuan ini merupakan pertemuan tingkat tinggi (high level meeting) antara pimpinan lembaga dan kementerian yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi (TPI) dan Kelompok Kerja Nasinal Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Pokjanas TPID).

"Kita hari ini baru menyelesaikan high level meeting pengendalian inflasi TPID," kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Gedung BI, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Perum BULOG Djarot Kusumayakti, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf, Pejabat Eselon I dan II dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian PPN, dan Kepolisian Republik Indonesia.

Agus menjelaskan, rapat koodinasi diawali dengan pembahasan evaluasi inflasi pada semester II/2016. Dia mengklaim bahwa inflasi 2016 terkendali dan berada di kisaran 4±1%. "Inflasi 2016 tercatat sebesar 3,02% (year on year) atau terendah sejak 2010," imbuh dia.

Mantan Bos Bank Mandiri ini mengungkapkan, rendahnya inflasi di tahun 2016 ini terutama disebabkan oleh inflasi inti yang tercatat terendah sejak 1997. Selain itu, hal tersebut juga ditopang oleh rendahnya inflasi harga yang diatur pemerintah (administered price), serta terkendallinya inflasi komponen harga pangan yang bergejolak (volatile food).

"Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan koordinasi yang baik antara pemerintah dan BI baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7799 seconds (0.1#10.140)