BPS Optimalkan Data Roaming untuk Penghitungan Wisman

Selasa, 31 Januari 2017 - 01:08 WIB
BPS Optimalkan Data...
BPS Optimalkan Data Roaming untuk Penghitungan Wisman
A A A
JAKARTA - Sejak Oktober 2016, Indonesia telah memanfaatkan big data roaming selular untuk pencatatan wisatawan mancanegara (wisman) di 19 kabupaten perbatasan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Oktober 2016, jumlah wisman yang terdeteksi melalui roaming selular di 19 kabupaten tersebut sebanyak 68.112 dan meningkat menjadi 71.169 pada November 2016. Prasyarat utama dari penghitungan ini adalah wisman harus tetap menggunakan nomor seluler asal negaranya ketika memasuki wilayah Indonesia.

"Desember 2016 diproyeksikan naik lagi jumlahnya," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo di Jakarta, Senin (30/1/2017).

Kabupaten perbatasan tersebut diantaranya Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau), Rokan Hilir dan Pelalawan (Riau), Kepulauan Sangihe (Sulawesi Utara), Lingga (Riau) dan Mahakam Ulu (Kalimantan Timur). BPS memperoleh data roaming tersebut bekerja sama dengan operator nasional yang menguasai 92% pangsa pasar di perbatasan.

"Ke depan kerja sama ini akan diperluas dengan semua operator selular lainnya. Untuk itu, kami akan membuat kesepakatan antara BPS, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, terkait pengoptimalan pemanfaatan big data roaming selular ini," paparnya.

Dalam kurun 2015-2018, BPS akan manfaatkan teknologi informasi di semua aspek kegiatan statistik yang memungkinkan peningkatan kualitas data statistik. Tahun ini juga akan dilanjutkan survei tambahan untuk lebih menyempurnakan perhitungan wisman perbatasan berbasis roaming seluler, diantaranya perilaku wisman perbatasan dan profil wisman perbatasan seperti lama tinggal, pengeluaran selama berwisata dan preferensi aktivitas wisata.

Sementara itu, selain di 19 kabupaten, BPS sejak 2016 juga melengkapi penghitungan wisman dengan survei wisman lintas batas di 10 kabupaten perbatasan lainnya. Sampling diambil dalam kurun satu minggu pada jam kerja setiap bulan.

Direktur Statistik Keuangan, Teknologi Informasi dan Pariwisata BPS Titi Kanti Lestari mengatakan, rata-rata belanja wisman di 29 kabupaten perbatasan Indonesia adalah USD50 atau Rp644.000 per kunjungan. "Tapi itu hanya perhitungan dari sisi perbatasan darat, belum termasuk yang masuk melalui laut dan udara," ungkapnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0724 seconds (0.1#10.140)