Supernova-Driven Company

Minggu, 05 Februari 2017 - 10:49 WIB
Supernova-Driven Company
Supernova-Driven Company
A A A
JAKARTA - Dalam blog saya www.yuswohady. com, tahun lalu saya menobatkan buku Thank You for Being Late dari Thomas Friedman sebagai “The Best Book of the Year”. Tom Friedman kita tahu adalah pakar globalisasi dan technology futurist penulis buku The World Is Flat (2005) yang analisisanalisisnya dikenal tajam bak laser. Yang paling saya sukai dari Tom adalah penggambarannya yang simpel dan mengena mengenai perubahan-perubahan global yang kita alami.

Dalam The World Is Flat ia menggambarkan bahwa dunia berubah dari “bulat” menjadi “datar” akibat perubahan teknologi digital dan globalisasi pasar. Kini dalam buku terbarunya Thank You for Being Late , kembali ia menggambarkan perubahan dunia dengan sebuah metafora yang simpel dan gampang dipahami.

Begitulah pakar yang sudah sampai pada level “marifat”, memberikan penjelasan mengenai sebuah fenomena yang kompleks menjadi demikian mudah, bukan sebaliknya. Einstein, misalnya, menjelaskan sebuah misteri alam semesta yang sangat kompleks dengan menggunakan rumus yang sangat simpel: E = EMC2. Metafora Tom yang membuat saya kepincut adalah apa yang disebutnya: Supernova.

Moore’s Law

Menurut Tom, dalam buku tersebut, kini kita memasuki era percepatan peradaban (The Age of Acceleration) yang terutama didorong oleh digitisasi seluruh aspek kehidupan kita. Pemicunya adalah apa yang kini kita kenal luas sebagai Hukum Moore (Moore’s Law) yang diambil dari nama penciptanya, Gordon Moore, salah satu pendiri Intel.

Pada tahun 1965, untuk pertama kalinya Moore memublikasikan teorinya dengan mengatakan bahwa kemampuan komputasi digital akan mengikuti deret ukur/eksponensial. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kemampuan komputasi mikroprosesor akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan sekali.

Sampai saat ini teori itu masih valid, di mana Intel masih mampu melipatgandakan kemampuan prosesornya mengikuti Moore’s Law. Nah, dalam bukunya, Tom mengatakan bahwa Moore’s Law rupanya tak hanya berlaku pada kemampuan komputasi (Computing) dari prosesor. Moore’s Law juga valid berlaku pada tiga aspek yang lain yaitu:

Software(baik software sistem operasi maupun aplikasi); Storage(kemampuan memori komputer), dan Networking (kemampuan brandwidthdan mobility). Intinya, apabila kemampuan Computing meningkat menurut deret ukur, kemampuan Software, Storage, dan Networking pun “dipaksa” untuk mengikuti deret ukur.

Kenapa, karena Computing, Software, Storage, dan Networkingbekerja sebagai sebuah sistem yang “kompatibel” satu sama lain. Kalau diibaratkan mobil, kalau kemampuan Computing kecepatan larinya 100 km/jam maka kecepatan lari Software, Storage, dan Networking juga harus 100 km/jam atau setidaknya mendekati.

Disrupsi

Ketika Computing, Software, Storage, dan Networking (sebut saja CSSN) secara bersama-sama bergerak cepat menurut deret ukur alias eksponensial, maka perubahan yang terjadi juga berlangsung secara eksponensial. Perubahan eksponensial itulah yang kini kita kenal luas sebagai disrupsi (technological disruption).

Dalam bahasa awam, kita merasakan disrupsi itu terjadi pada kasuskasus seperti Uber yang mengubah secara drastis rules of the gamedi industri transportasi. Atau AirBnB yang meredefinisi model bisnis di industri akomodasi. Atau Kickstarter yang bakal menjungkirbalikkan industri keuangan.

Kita sering melabelinya dengan istilah ekonomi berbagi (sharing economy). Namun, tentu saja perkembangan eksponensial CSSN tak hanya sebatas menghasilkan disrupsi di area ekonomi berbagi semata. Area-area lain seperti artificial intelligence, big data, atau robotics, kini siap-siap untuk meluluhlantakkan model-model bisnis tradisional yang sudah terbangun mapan puluhan bahkan ratusan tahun.

Kalau Anda adalah pengelola perusahaan- perusahaan besar yang masih menggunakan model bisnis tradisional, Anda harus selalu paranoid (“only paranoid survive,” kata Andy Grove co-founder Intel). Kenapa? Karena disrupsi yang didorong oleh kekuatan eksponensial CSSN sewaktu-waktu akan meluluhlantakkan bisnis Anda. Kekuatan eksponensial CSSN ini layaknya “malaikat pencabut nyawa” yang setiap saat selalu mengintai.

Supernova

Nah, yang disebut Tom sebagai Supernova adalah suatu “tempat” di mana CSSN berada dan berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan “energi” yang luar biasa hebatnya layaknya ledakan supernova. Energi itulah yang berpotensi menciptakan disrupsi yang menyapu industri dan bisnis model lama.

Di mana Supernova berada? Adanya di “awan” atau kalau orangorang IT sering menyebutnya: Cloud. Begitu hebatnya pengaruh Supernova ini dalam mengakselerasi peradaban manusia, sampai-sampai Friedman menyebut abad ini sebagai abad “Supernova- Driven Economy”. “We transform from Industrial-Age Economy to Supernova- Driven Economy,” ujarnya.

Dengan adanya Supernova, maka ekonomi dunia bakal menjadi super efisien dan super produktif. Supernova akan menciptakan super-efficient company yang ujung-ujungnya akan menghasilkan super-efficenteconomy. Perusahaan yang digerakkan oleh Supernova, efisiennya kira-kira seefisien operasi Gojeg.

Produktifnya perusahaan yang digerakkan oleh Supernova kira-kira seproduktif operasi AirBnB. Ambil contoh gampang AirBnB. AirBnB baru berdiri tahun 2008 dan baru menemukan momentum kesuksesannya sekitar tiga tahun lalu. Perusahaan ini sama sekali tak memiliki properti berupa hotel atau rumah penginapan, pegawainya juga tak banyak, tapi ia mampu menjual kamar jauh lebih banyak dari pemain-pemain veteran raksasa seperti Hyatt, Hilton, atau Accor.

Tak hanya itu, nilai pasar AirBnB tahun 2016 lalu melesat menjadi USD36 miliar, naik hampir 30 kali lipat selama empat tahun terakhir. Ingat, apa pun bisnis Anda, kini saatnya Anda harus memanfaatkan Supernova. Di abad Supernova-Driven Economy saat ini, Anda hanya punya dua pilihan.

Pertama: mendisrupsi. Kedua: didisrupsi. Kalau Anda mengadopsi Supernova dan bisa cerdas memanfaatkannya, besar kemungkinan Anda akan mendisrupsi. Tapi sebaliknya, jika Anda lelet, ogahberubah, dan tak mau mengadopsi Supernova, Anda pasti akan didisrupsi. Singkatnya, di abad Supernova- Driven Economy saat ini, mau tak mau perusahaan Anda harus menjadi Supernova-Driven Company. “Be a Supernova-Driven Company... or you will die.”

YUSWOHADY
Managing Partner, Inventure
www.yuswohady.com
@yuswohady
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7508 seconds (0.1#10.140)