Pasca Banjir, PLN Perbaiki Infrastruktur Kelistrikan Lima Puluh Kota

Minggu, 05 Maret 2017 - 12:01 WIB
Pasca Banjir, PLN Perbaiki Infrastruktur Kelistrikan Lima Puluh Kota
Pasca Banjir, PLN Perbaiki Infrastruktur Kelistrikan Lima Puluh Kota
A A A
PADANG - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) langsung melakukan pengecekan ke lapangan, ketika kondisi diperhitungkan aman untuk keselamatan setelah banjir menerjang Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat pada Jumat (3/3). Bahkan kondisi Pangkalan dan Muaro Paiti sempat terisolasi karena jalan dari Payakumbuh longsor di Kelok 17, Nagari Koto Alam.

Di tengah kondisi demikian terjadi gangguan pada sistem kelistrikan, di mana jaringan listrik tumbang sehingga 117 gardu listrik padam yang berimbas pada sejumlah 14.657 pelanggan. Namun setelah kondisi dirasa aman, PLN ke lapangan yang dipantau langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota.

Setelah mengetahui kebutuhan pasca gangguan di sistem kelistrikan, jalan keluar segera dicari. Genset segera diberangkatkan dari Payakumbuh, Area Bukittinggi dan Solok yang diprioritaskan untuk lokasi-lokasi urgent, misalnya: rumah sakit, posko, tempat ibadah, pompa PDAM, dan tempat vital lainnya.

“Pada kondisi bencana seperti ini, PLN selalu siaga. Petugas kami siap 24 jam untuk segera melakukan recovery, namun tentunya tanpa mengesampingkan keselamatan nyawa. Seluruh unit juga akan bahu membahu sehingga persolaan segera dapat diminimalisir. Saat mengetahui informasi banjir ini, otomatis PLN di area kerja di luar Payakumbuh segera menyiapkan genset untuk diberangkatkan,” ujar GM PLN Wilayah Sumatera Barat Bambang Yusuf lewat keterangan tertulis, Minggu (5/3/2017).

Lebih lanjut dia juga menjelaskan bahwa dalam kondisi banjir, PLN memang dengan sengaja memadamkan listrik di luar gangguan pada sistem. Hal ini untuk keselamatan nyawa para korban bencana, mengingat air adalah penghantar listrik yang baik. “Namun segera sesudah banjir surut dan dianggap aman, listrik akan segera dialirkan kembali,” sambungnya.

Selain upaya recovery kelistrikan yang dikerjakan semaksimal mungkin, PLN segera menurunkan perahu karet untuk memudahkan ruang gerak di lokasi banjir. PLN juga membuka posko bantuan pangan yang dinamakan dengan posko PLN Peduli di mana melalui posko ini PLN memberikan bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang sedang terisolasi. PLN berharap sedikit bantuan tersebut nantinya dapat menghibur hati warga yang mengalami bencana.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5485 seconds (0.1#10.140)