Modal Perbankan Masih Bagus, NPL Tak Akan Sentuh 3,5%

Senin, 06 Maret 2017 - 14:51 WIB
Modal Perbankan Masih Bagus, NPL Tak Akan Sentuh 3,5%
Modal Perbankan Masih Bagus, NPL Tak Akan Sentuh 3,5%
A A A
JAKARTA - Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Anton Gunawan menyatakan, modal perbankan nasional masih dalam posisi bagus. Sehingga, rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) bisa ditekan tidak sampai menyentuh 3,5%.

Anton menjelaskan, rasio itu bisa dijaga dengan pencadangan yang kuat. Dana tersebut diambil dari modal bank yang saat ini masih cukup tinggi.

"NPL masih akan ada di kisaran 3%, enggak akan sampai 3,5% rata-rata industri dan dari sisi lain kalau bicara pencadangan dan sebagainya, capital perbankan kita cukup bagus. Cukup tinggi buat absorb," ujarnya di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Rasio NPL, kata Anton, sempat bergejolak pada tahun lalu meski di ujung periode menurun. Namun, memasuki awal tahun ini kembali mulai naik. "NPL bergejolak akhir tahun lalu sempat 3,2%. Kemudian akhir tahun turun jadi 2,9% dan semester ini ada kenaikan pada Januari, sudah naik lagi," kata dia.

Menurutnya, rasio permodalan yang kuat (capital adequacy ratio/CAR) dapat menjadi tembok untuk menahan peningkatan NPL. Bank dinilainya harus selektif dalam mengelola dana pencadangan.

"Masih ada bumper-nya dari CAR yang cukup tinggi. Paling selektif bank yang perlu tingkatkan (pencadangan), enggak besar secara umum," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4097 seconds (0.1#10.140)