Jokowi Minta Saran Pimpinan Lembaga Negara Atasi Kesenjangan

Selasa, 14 Maret 2017 - 17:51 WIB
Jokowi Minta Saran Pimpinan Lembaga Negara Atasi Kesenjangan
Jokowi Minta Saran Pimpinan Lembaga Negara Atasi Kesenjangan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan para pimpinan lembaga negara di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/3) untuk membahas dan mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pemerataan ekonomi dan mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat. Menurutnya pertemuan ini ‎untuk membangun optimisme bersama tentang program-program yang tengah dan akan dilakukan pemerintah.

‎"Kita tindaklanjuti dengan redistribusi aset dan reforma agraria, yang kita harapkan akan mengurangi kesenjangan yang ada di masyarakat‎," ujar Jokowi saat jumpa pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menurutnya persatuan dan kesatuan dibutuhkan dalam menghadapi tantangan global yang semakin berat, lantaran banyaknya ketidakpastian. Presiden juga menyampaikan kondisi perekonomian Indonesia, inflasi, serta perbandingan dengan negara-negara yang lain. Meskipun angka pertumbuhan ekonomi ada kenaikan dari 4,88% menjadi 5,02% pada 2016, namun menurut angka pertumbuhan ekonomi tersebut masih perlu ditingkatkan.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta masukan dari pemimpin lembaga negara yang hadir dalam silaturahmi itu. “Kami mohon masukan dari Bapak-Ibu pimpinan lembaga negara yang hadir pada siang hari ini,” ujarnya.

Dia menambahkan langkah awal yang dilakukan pemerintah dengan membagikan konsesi-konsesi kepada rakyat, kepada tanah adat, kepada koperasi-koperasi, kepada pondok pesantren‎. Selain itu, terangnya ‎pemerintah juga akan mempercepat pembagian sertifikat tanah kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan agar masyarakat memiliki akses penguasaan tanah untuk dikelola mereka. "Intinya pertemuan di tadi seperti itu," ucap mantan Walikota Solo ini.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7254 seconds (0.1#10.140)