PT KAI Sudah Sediakan Tiket Mudik untuk Idul Fitri

Kamis, 16 Maret 2017 - 05:30 WIB
PT KAI Sudah Sediakan Tiket Mudik untuk Idul Fitri
PT KAI Sudah Sediakan Tiket Mudik untuk Idul Fitri
A A A
PALEMBANG - Meski Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 25 Juni mendatang, namun PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) sudah menyediakan tiket mudik. Pada 17 Maret mendatang, tiket mudik H-10 Idul Fitri sudah bisa dipesan oleh masyarakat.

Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang, Sumatra Selatan, Aida Suryati mengatakan, pihak PT KAI sudah mempersiapkan tiket mudik pada Indul Fitri mendatang. Proses pemesanan tiket H-10 Idul Fitri sudah bisa dipesan sejak 90 hari sebelum hari raya.

“Pemesanan tiket H-90 ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin memesan tiket mudik. Sistem ini mempermudah masyarakat menyiapkan mudik dari jauh hari. Tanggal 17 Maret ini, sudah bisa pesan tiket untuk 15 Juni atau H-10 lebaran,” ungkapnya dalam keterangan resmi kepada KORAN SINDO Palembang, Rabu (15/3/2017).

Penjualan tiket H-90 ini sudah bisa dilayani di chanel internal, yakni website tiket.kereta-api.co.id. pusat kontak 121, aplikasi KAI Access, dan loket stasiun. Selain itu, kata Aida, pemesanan juga bisa di channel eksternal yakni agen, loket multi biller, minimarket yang telah bekerja sama dengan PT KAI, termasuk penjualan dalam aplikasi smartphone yang dikelola mitra.

“PT KAI menetapkan masa angkutan Idul Fitri selama 22 hari, yakni 15 Juni sampai dengan 6 Juli. Pada masa angkutan itu, diprediksi puncak mudik pada 22 Juni dan arus balik pada 1 Juli,” terangnya.

Karena itu, PT KAI bersiap melayani arus mudik masyarakat pengguna jasa kereta api tahun ini. PT KAI sudah mempersiapkan sarana dan sumber daya manusia dalam mendukung pelaksanaan mudik.

Aida menerangkan, PT KAI mempersiapkan 59.44 tempat duduk dengan 2.702 tempat duduk per harinya. “Dengan dua relasi, PT KAI mempersiapkan kursi itu untuk relasi Kertapati-Tanjung Karang dan Kertapati-Lubuk Linggau untuk seluruh kelas, yakni bisnis, ekonomi dan eksekutif,” pungkasnya.

Mengetahui hal ini, salah satu pengguna jasa kereta api saat mudik, Asep Somanhudi mengatakan, penjualan tiket kereta api pada H-90 sangat memudahkan pemudik. Kemudahan ini akan membuat pemudik lebih mempersiapkan diri sejak jauh hari sebelum Idul Fitri.

“Sudah biasa memasan tiket jauh hari, apalagi tiket ekonomi. Nanti 17 Maret malam sudah bersiap untuk memesan tiket online. Jika sudah dapat tiket, maka lebih aman Idul Fitri nanti, tidak perlu antre lagi,” ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0997 seconds (0.1#10.140)