Pertumbuhan Upah Pekerja di Inggris Melambat

Kamis, 16 Maret 2017 - 11:21 WIB
Pertumbuhan Upah Pekerja di Inggris Melambat
Pertumbuhan Upah Pekerja di Inggris Melambat
A A A
LONDON - Tingkat pengangguran di Inggris berkurang dalam tiga bulan terakhir hingga Januari, meski begitu ada penurunan tajam dalam pertumbuhan upah pekerja. Kantor Statistik Nasional Inggris (The Office for National Statistics/ONS) menerangkan angka pengangguran turun menjadi 4,7%, meski tidak lebih rendah sejak musim panas 1975, silam.

Namun seperti dilansir BBC, Kamis (16/3/2017) pertumbuhan upah pada Negeri Ratu Elizabeth -julukan Inggris- telah melambat pada level 2,3% (tidak termasuk bonus) dibandingkan periode tiga bulan sebelumnya 2,6%. Upah pekerja sedikit lebih baik di atas level inflasi yang saat ini 1,8%, saat kesenjangan juga elah menyempit.

"Data sektor tenaga kerja pada Maret yang dirilis memperlihatkan kinerja yang solid dalam sektor ketenagakerjaan. Di sisi lain termasuk ada kekhawatiran terkait tanda-tanda pelemahan berkaitan dengan upah," ucap penasihat ekonomi senior EY Item Club Martin Beck.

"Kami tetap optimis bahwa tren ini akan terbalik, tetapi dengan proporsi tahunan yang lebih tinggi. Beberapa bulan ke depan menjadi sangat penting dengan harapan mulai membaik," sambungnya.

Sementara Direktur Institute for Fiscal Studies (IFS) Paul Johnson memperingatkan bahwa upah pekerja tidak mungkin lebih tinggi dalam lima tahun ke depan. "Pada saat ini diperkirakan pendapatan rata-rata tidak akan lebih tinggi pada tahun 2022 dari 2007. Lima belas tahun tanpa kenaikan gaji. Ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," ungkapnya.

Data terbaru menunjukkan bahwa upah pekerja tumbuh pada level paling lambat sejak April tahun lalu. "Kelemahan ini terjadi meluas di beberapa sektor seperti pada pertumbuhan upah moderat dalam jasa keuangan dan bisnis, distribusi, konstruksi dan sektor publik," ujar Kepala Ekonom Pantheon Macroeconomics Samuel Tombs.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4155 seconds (0.1#10.140)