Rangkul Jerman, Kadin Fokus Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja

Jum'at, 17 Maret 2017 - 10:51 WIB
Rangkul Jerman, Kadin Fokus Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja
Rangkul Jerman, Kadin Fokus Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Inagurasi Pelatih Tempat Kerja wilayah Kabupaten Karawang dan Bekasi yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra. Dalam acara ini dihadiri oleh berbagai Asosiasi, Kementerian dan Kedutaan besar Jerman sebagai pihak yang membantu aktivitas Pelatihan ini.

Ketua umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani dalam sambutannya mengatakan, penyerahan sertifikat internasional tingkat dasar ini sebagai bentuk fokus pemerintah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Inagurasi ini adalah salah satu jawaban dari tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia harus bekerja keras untuk meningkatkan SDM yang ada sekarang, sehingga keterampilan tenaga kerja Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain, utamanya dengan negara tetangga," kata dia di Hotel Kartika Chandra, Jumat (17/3/2017).

Program pelatihan pelatih tempat kerja-Internasional tingkat dasar AdAIB, ini merupakan dalam rangka realisasi program pemagangan nasional. Hal ini dilakukan atas kerja sama Kadin Indonesia dan Kadin Jerman (IHK Trier).

Menurutnya saat ini SDM dengan kompetensi memadai harus disesuaikan dengan kebutuhan industri nasional yang ada saat ini agar bisa bersaing secara ketat dengan negara lain. Tak hanya itu, tenaga kerja juga kunci bagi suksesnya industri di tanah air. Terlebih lagi, kata Rosan, Indonesia sedang memperbaiki ekonominya akibat imbas dari pelemahan ekonomi global yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Tenaga kerja merupakan salah satu kunci kesuksesan bagi industri di masa depan, sehingga kita memerlukan ribuan pelatih yang profesional, dan ini harus kita ciptakan“ pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0437 seconds (0.1#10.140)