Jumlah Wisman ke Yogyakarta Hanya 3%

Selasa, 21 Maret 2017 - 23:00 WIB
Jumlah Wisman ke Yogyakarta Hanya 3%
Jumlah Wisman ke Yogyakarta Hanya 3%
A A A
YOGYAKARTA - Meski Yogyakarta dikenal sebagai destinasi pariwisata terkemuka di Tanah Air, tetapi jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke wilayah ini masih minim. Assosiation Of Tours And Travel Agencies (Asita) mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Yogyakarta hanya 3% dari keseluruhan yang datang ke Indonesia. Tahun lalu, dari total wisman ke Indonesia mencapai 12 juta, maka wisman yang ke Yogyakarta hanya 350.000 orang.

Ketua Asita Daerah Istimewa Yogyakarta, Udi Sudiyanto mengatakan, industri pariwisata di Yogyakarta kini memang tengah berkembang. Hanya saja, lebih banyak dinikmati oleh wisatawan lokal dibanding dengan wisatawan asing.

Dampak ekonomi pun belum bisa dirasakan secara maksimal karena minimnya wisatawan yang masuk ke wilayah ini. "Kalau wisman itu mendatangkan devisa," tuturnya, Selasa (21/3/2017).

Bukan berarti mengesampingkan dampak wisatawan lokal, namun lebih terasa dampak wisatawan mancanegara. Ia mencontohkan, untuk wisatawan asing per orang menghabiskan Rp3,5 juta hanya untuk transportasi dan hotel. Belum lagi yang dikeluarkan untuk belanja ataupun kuliner.

Sementara jika wisatawan domestik, manfaat yang diperoleh pengelola obyek wisata hanya sedikit. Karena biasanya wisatawan domestik membawa bekal sendiri, bahkan terkadang untuk konsumsi membeli di tempat lain bukan di lokasi wisata. Dan pengelola wisata hanya mendapatkan sampah belaka.

Ia mengakui, minimnya jumlah wisatawan mancanegara ke wilayah ini karena beberapa faktor. Akses ke Yogyakarta yang masih terbatas seperti kapasitas bandara yang cukup kecil serta sulitnya menempuh jalur darat menjadi faktor utama.

Di samping juga ternyata Yogyakarta belum begitu familiar di mancanegara. "Di Singapura, Filipina dan Eropa ternyata Yogyakarta belum familiar," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6888 seconds (0.1#10.140)