Kembangkan Pakan Mandiri, KKP Diguyur FAO Rp3,25 Miliar

Minggu, 09 April 2017 - 14:35 WIB
Kembangkan Pakan Mandiri, KKP Diguyur FAO Rp3,25 Miliar
Kembangkan Pakan Mandiri, KKP Diguyur FAO Rp3,25 Miliar
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan Pangan Dunia (FAO) sepakat melakukan kerja sama pengembangan pakan mandiri di Indonesia. FAO setuju mengalokasikan bantuan untuk TCP project pakan mandiri senilai Rp3,25 miliar.

Fokus kerja sama, pertama, penyediaan informasi dasar terkait ketersediaan suplai bahan baku, kebutuhan nutrisi, jenis dan formulasi pakan khususnya untuk pakan ikan patin di Indonesia. Kedua, pemanfaatan varian bahan baku pakan ikan lokal yang potensial dimanfaatkan.

Ketiga, perbaikan formulasi dan kualitas pakan ikan yang diproduksi kelompok GERPARI, dan keempat, optimalisasi strategi farm feed management.

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto, pada tahap awal kerja sama akan dilakukan percontohan pembuatan pakan mandiri dan percontohan penggunaan pakan mandiri disertai dengan cara pemberian pakan yang baik (Good Feed Management Practices).

“Percontohan ini akan dilakukan dengan cara melibatkan 30-40 orang pembudidaya dengan mekanisme cost sharing, dan diharapkan akan menjadi model rujukan bagi pengelolaan pakan mandiri di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (9/3/2017).

Pihaknya, lanjut Slamet, telah mengukuhkan sebanyak 20 pelaku usaha pakan mandiri dari berbagai Provinsi di Indonesia dalam Asosiasi Pakan Mandiri Nasional (APMN) dengan Syarifuddin sebagai ketua. Asosiasi ini diharapkan dapat menjadi mitra KKP dalam pengembangan pakan mandiri nasional.

“Kami akan berusaha secara optimal untuk membantu pengembangan GERPARI yang telah dicanangkan oleh KKP,” tutur Syarifuddin.

APMN merupakan wadah bagi para pelaku usaha pakan mandiri yang bertujuan untuk membangun perikanan budidaya berbasis pakan mandiri yang berkualitas dengan harga terjangkau. Intinya keberadaan APMN diharapkan mampu mengkoordinasikan para pelaku usaha pakan mandiri untuk mendukung pengembangan usaha budidaya di sentra-sentra produksi di berbagai daerah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8659 seconds (0.1#10.140)